Pemprov Kalteng Paparkan Peringkat Keterbukaan Informasi

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Fahrizal Fitri didampingi Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfo), Ir Herson B Aden mewakili Pemerintah Provinsi Kalteng menyampailan paparan di depan Komisi Informasi Pusat untuk mengikuti tahapan pemeringkatan keterbukaan informasi secara nasional.
Fahrizal mengatakan, paparan yang dilakukan tersebut dalam rangka menyampaikan hasil dan evaluasi dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) tahun 2019.
"Hari ini, saya mewakili Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah hadir menyampaikan paparan di depan Komisi Informasi Pusat berkenaan dengan hasil dan evaluasi PPID 2019," ujarnya, Kamis (17/10/2019).
Pihaknya berharap dengan adanya evaluasi ini akan menunjukkan hasil kinerja yang selama ini telah dilakukan oleh Pemprov Kalteng terkait dengan keterbukaan informasi, inovasi, dan serta komitmen.
"Kita harap dengan evaluasi ini menunjukan bagaimana kinerja kita yang telah dilakukan selama ini di Kalimantan Tengah berkenaan dengan keterbukaan informasi dan inovasi dan komitmen kita," imbuhnya.
Ia juga berharap ke depannya komitmen dan inovasi dalam keterbukaan informasi di Kalteng akan terus dikembangkan serta akan menjadi suatu keharusan agar informasi bisa dengan mudah di akses oleh masyarakat.
"Yang disampaikan berkenaan dengan bagaimana hal-hal yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi itu bisa di akses dan diketahui oleh masyarakat Kalteng, kita berharap kedepan kita tetap mengembangkan komitmen dan inovasi berkenaan dengan pengembangan informasi yang ada di Provinsi yang kita cintai ini," jelasnya.
"Kita akan dukung bagaimana keterbukaan informasi ini menjadi salah satu keharusan di Bumi Tambun Bungai ini dalam rangka menuju Kalteng Berkah, Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah, dan Harmonis," timpalnya.
Sementara, Kadis Kominfo Kalteng, Herson B Aden menuturkan, salah satu bentuk inovasi yang dilakukan Pemprov Kalteng berkenaan dengan keterbukaan informasi adalah menerapkan konsep Smart Province yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menerima layanan di berbagai macam sektor yang berbeda. Berkaitan dengan hal diatas Pemprov Kalteng telah membangun Gedung Smart Province (GSP).
"Kalteng sudah mulai menerapkan Smart Province melalui berbagai aplikasi layanan publik, khususnya yang berkaitan dengan pembangunan," paparnya.
Dijelaskan, Smart Province adalah suatu provinsi yang telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari dengan tujuan untuk mempertinggi efisiensi, memperbaiki pelayanan publik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Diuraikannya, sejumlah aplikasi yang dapat diakses secara online oleh masyarakat, diantaranya terkait pendapatan daerah, serapan maupun belanja di setiap organisasi perangkat daerah dan beberapa kegiatan lainnya.
Bahkan yang menariknya, lanjutnya, saat ini masyarakat dapat melihat informasi secara visual beberapa lokasi strategis di Kalteng melalui sarana dan prasarana yang tersedia di Gedung Smart Province Kalteng di Jalan Tjilik Riwut km 3,5 Kota Palangka Raya.
"Informasi visual ini bisa dilihat karena kami telah memasang televisi sirkuit tertutup atau yang biasa kita sebut CCTV di sejumlah titik di Kabupaten dan Kota," bebernya.
Ditambahkan pria yang akrab dengan awak media ini, selain itu masyarakat, khususnya pelajar dan mahasiswa dapat mengakses data sektoral seputar Kalteng secara online dan mengunduhnya secara gratis.
"Tentu, hal ini sangat membantu pelajar dan mahasiswa, terlebih saat mengerjakan tugas sekolah ataupun kuliah," pungkasnya.[kenedy/adv]
loading...
TAG