Menjanjikan, Produk Olahan Abon Desa Pesanan Butuh Dukungan Pemerintah

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Masyarakat pesisir selalu identik dengan usaha nelayannya. Sebab daerah pesisir merupakan daerah yang tidak jauh dari area laut.
Seperti yang tengah digeluti Kelompok Usaha Peningkatan Penghasilan Keluarga (UP2K), Desa Pesanan, Kecamatan Kahayan Kuala, Kabupaten Pulang Pisau. Di mana pihaknya telah mampu merintis usaha abon ikan dari olahan tangkapan laut, sehingga hasilnya mampu menopang kebutuhan warga setempat.
"Olahan yang kita buat ini sebenarnya sudah cukup lama, hanya saja saat ini baru terekspose. Untuk abon, ada abon udang dan abon ikan haruan dengan kisaran harga Rp35 ribu per kemasan," kata Jumari, salah seorang pengolah abon kepada media ini, Rabu (9/10/2019).
Ia mengungkapkan, sejauh ini pihaknya kendala masalah pemasaran dan hal lain sebagainya. Dari itu pihaknya berharap kepada pemerintah melalui dinas terkait untuk memperlancar ijin usaha yang saat ini masih dalam proses pengajuan.
"Kita saat ini dibantu dan didukung ibu-ibu PKK setempat dan pihak P3MD dalam memfasilitasi kepengurusan ijin usaha dan membantu untuk pengemasan hasil olahan kita," ungkapnya.
Sementara, selain abon undang, produk olaha lainnya yang di olah oleh UP2K beragam, diantaranya terasi, abon udang, abon haruan, kerupuk haruan, uyah acan, madu dan petis.[manan]
loading...
TAG