Masuki Triwulan III, Kemenag Kapuas Dorong Satker Maksimalkan Penyerapan Anggaran

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Komitmen memperkuat pengelolaan dan penyerapan anggaran yang maksimal, Kemenag Kapuas terus mendorong Satuan kerja (Satker) jajaran Kankemenag Kapuas memaksimalkan kinerja dengan terus melakukan pembinaan
"Terutama yang terkait 12 Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) di tahun 2019," ucap H Hamidhan, Kasubag TU Kemenag Kapuas, Jumat (4/10/2019).
Maka untuk itu pihaknya pun melaksanakan kegiatan pengelolaan anggaran bagi Satker di lingkup Kemenag Kapuas, terutama satker yang marger dengan Kantor Kemenag Kapuas.
"Memasuki triwulan III di tahun 2019 ini penyerapan anggaran kita masih ada yang belum maksimal, terutama pada satker madrasah yang marger ditahun ini," imbuh Hamidhan.
Dilanjutkannya, kepada para peserta kegiatan terutama kepala madrasah dan bendahara wajib membaca, mempelajari dan menerapkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190 Tahun 2012 tentang tata cara pembayaran keuangan satker.
"PMK 190 tahun 2012 ibaratkan kitabnya bendahara, karena semua aturan pembayaran dan caranya dijelaskan dengan rinci," tandas Hamidhan.
Sebelumnya Kepala Kantor Kemenag Kapuas, H Ahmad Bahruni mengatakan, pengelolaan anggaran harus memperhatikan Indikator pelaksanaan anggaran, terutama penyerapan anggaran berjalan di tahun 2019.
"Saya ingatkan bendahara Pendis harus memperhatikan penyerapan anggaran satker yang marger," kata Bahruni.
Kemudian, lanjutnya, bagi madrasah ibtidaiyah yang marger ke Satker Pendis Kantor Kemenag Kapuas harus benar-benar memperhatikan, terutama di penyerapannya dan juga diharapkan kepada bendahara untuk memperhatikan ketelitian pengusulan surat perintah membayar (SPM), agar tidak terjadi retur.[zulkifli]
loading...
TAG