Lantik 30 Kades, Bupati Edy Ingin Sinergi Membangun Desa

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Sebanyak 30 kepala desa terpilih hasil Pilkades serentak 2019 resmi dilantik. Pelantikan berlangsung di GPU Handep Hapakat, Selasa (22/10/2019). Para Kades dilantik langsung Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo.
Dalam sambutannya, Bupati Edy mengatakan, agar para kepala desa yang dilantik saat ini mampu menggali dan mengelola potensi sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki desa setempat serta melakukan pembangunan sesuai dengan visi misi pemerintah kabupaten.
"Semoga kepala desa yang baru saja dilantik dapat menjalankan amanah tugas, fungsi dan kewajibannya dengan baik. Melayani warganya, dan membangun desa dan menyejahterakan warganya," kata Edy.
Edy mengungkapkan, jika sudah berani mencalonkan diri artinya sadar dan siap dengan semua konsekuensi dari jabatan kepala desa. Karenanya, bupati berharap menjadi kepala desa yang amanah.
Terkait dengan pengelolaan keuangan desa, bupati meminta harus dilaksanakan secara transparan, akuntabel, partisipatif. Serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran.
"Karena saat ini, desa mengelola anggaran yang cukup besar. Sehingga perlu disikapi dan dilaksanakan dengan penuh kehati-hatian dan penuh tanggungjawab," ungkapnya.
Menurutnya Kepala desa juga harus mampu mensinergikan antara potensi dan program pemerintah desa dengan program pemerintah Kabupaten,  Provinsi dan Pusat yang diterima oleh desa.
"Sinergitas diperlukan untuk menghindari adanya tumpang tindih dalam pelaksanaan pembangunan. Sinergitas diperlukan untuk menciptakan keadilan antar wilayah ditingkat desa," tutup Edy.[manan]
loading...
TAG