Ketua Dekranasda Kalteng Dukung Penuh Pelaku UKM

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Potensi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kalimantan Tengah (Kalteng) begitu besar dan luar biasa.
Hal tersebut dikatakan Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalteng Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran saat penutupan dan pelepasan peran serta dunia usaha dalam kegiatan magang bagi pemuda tahun 2019, Kamis (10/10/2019).
Istri dari orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai yang akrab disapa Ibu Ivo ini sangat mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI ini.
Wanita murah senyum dan supel ini berharap kedepannya pelaku UKM yang terlibat didalam kegiatan ini dapat membina para peserta magang agar dapat belajar dan bisa mengikuti jejak para pelaku UKM di Kalteng untuk membuka usaha sendiri.
"Saya sangat mengapresiasi sekali kegiatan ini, para pemuda disini bisa belajar mengenai serba serbi wirausaha, juga untuk pelaku UKM sendiri. Saya harapkan kedepannya mereka bisa membina para adik-adik peserta magang ini dan juga warga sekitarnya supaya bisa menjadi pelaku UKM juga," ucapnya.
Ivo juga mengharapkan para pelaku UKM di Kalteng terus meningkatkan kualitas produk mereka dari sisi pengemasan, promosi, serta penyelesaian akhir. Hal ini dilakukan agar pemasaran produk bisa lebih luas kedepannya.
"Sebenarnya UKM di Kalteng ini kalau dari potensinya itu luar biasa sekali, cuma terkadang yang masih perlu kita improvement itu dari segi finishing, packaging, promosi," katanya.
Sebenarnya, lanjutnya, bentuk olahan dari perajin di Kalteng ini samgat luar biasa sekali, misalnya rotan, rotan di Kalteng begitu melimpah, dari bahan baku dan produksinya. Tapi terkadang yang jadi kendala itu finishing dan packagingnya, mereka kan permintaannya itu supaya marketnya itu jangan disini-sini aja dan kalau ingin marketnya keluar, dari segi packaging dan finishing harus diperbagus dulu.
Ivo kembali berharap beberapa kendala yang telah disampaikannya tadi bisa diselesaikan dan dicari jalan keluarnya melalui program magang ini. Ia juga menyampaikan bahwa Dekranasda Kalteng mendukung penuh para pelaku UKM di Kalteng dengan berbagai kegiatan seperti pembinaan, pelatihan, pemasaran, workshop, Bimbingan Teknis (Bimtek) serta kegiatan magang.
"Kendalanya disitu, tapi dengan adanya program magang ini diharapkan hal-hal tadi itu bisa dipelajari dan dievaluasi. Untuk Dekranasda, support dalam arti pembinaan, pelatihan, pemasaran melalui digital dan non digital, seperti expo keluar negeri, bimtek, workshop, magang, supportnya lebih ke hal-hal seperti itu," imbuhnya.
Diketahui, kegiatan magang ini digelar melalui kerjasama dengan para pelaku UKM yang ada di Kalteng serta Kementerian Koperasi dan UMKM RI melalui Dinas Koperasi dan Kalteng.
Sementara itu, Kadis Koperasi dan UKM Kalteng Lies Fahimah menuturkan, kegiatan magang bagi pemuda, kita bermitra dengan dunia usaha yang ada di Kalteng, tepatnya di Kota Palangka Raya ada 14 lokasi dengan masing-masing 5 orang magang, di Kabupaten Katingan ada 2 lokasi dan di Pangkalan Bun juga 2 lokasi.
Pihaknya mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Kementerian Koperasi dan UMKM yang telah memberikan kesempatan kepada anak-anak muda di Kalteng untuk berpartisipasi dalam kegiatan magang.
Selanjutnya 10 orang pengrajin rotan dari Kalteng akan mengikuti kegiatan magang lanjutan di Semarang.
"Alhamdulillah, bersama dengan Kementerian Koperasi yang mendukung kegiatan ini. Ini dana dari Kementerian Koperasi langsung. Bersama-sama mitra pelaku usaha yang telah memberikan kesempatan untuk anak-anak muda Kalteng melaksanakan magang, magang juga akan berlangsung di semarang dengan 10 orang pengrajin rotan dari Kalteng yang akan berangkat kesana," ungkapnya.
Kadis Koperasi dan UKM ini juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran atas keberpihakannya kepada para pelaku UKM di Kalteng, serta generasi muda yang ingin belajar dan diberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan magang ini.
"Dalam kesempatan ini juga kami mengucapkan terima kasih dengan kesempatan yang diberikan Bapak Gubernur, keberpihakan Bapak Gubernur kepada pelaku-pelaku usaha dan juga pada generasi muda yang selanjutnya akan melaksanakan kegiatan usaha sesuai dengan bidangnya masing-masing dan juga terima kasih kepada Kementerian Koperasi dan UKM RI yang telah mengalokasikan kegiatan ini untuk Kalteng," tuturnya.
Ia kembali menjelaskan, dengan kegiatan magang ini para peserta bisa langsung melakukan praktik di lapangan dengan kondisi sesungguhnya, tidak hanya mendengarkan seperti saat belajar dengan teori.
"Insya Allah Kalteng Berkah akan kita capai. Kegiatan ini sangat memberikan manfaat, karena magang itu beda dengan belajar, kalau belajar itu hanya satu panca indera dan kita biasanya hanya mendengarkan, kalau ini kita langsung melihat produk-produk, langsung praktek juga, jadi ini kegiatan yang sangat baik dan kami akan menindaklanjuti," jelasnya.
Terpisah, salah satu peserta magang, Arisnasari dari Universitas Palangka Raya (UPR) mengaku sangat senang bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini.
Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk pengetahuan para pemuda agar lebih mengenal dunia UKM.
"Kegiatan magang ini sangat membantu dan sangat penting untuk pengetahuan para pemuda-pemuda yang baru mengenal pekerjaan ini. Kemarin kita diajarkan cara-cara membuat getah, prosesnya panjang, membersihkan getahnya, memotong, serta mewarnai," ujarnya.
Kegiatan yang digelar di Aquarius Boutique Hotel Kota Palangka Raya ini juga dihadiri oleh Kadis Kominfo Kalteng, Herson B Aden, Ketua Kerja Harian Dekranasda Kalteng, Aster Bonawati serta perwakilan dari Kementerian Koperasi dan UMKM RI.[kenedy/adv]
loading...
TAG