Kembali, Putri-putri Harumkan Kalteng di Kancah Internasional

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Kembali, putra putri Kalimantan Tengah (Kalteng) menorehkan prestasi membanggakan di kancah internasional. Ini sangat dirasakan selama kepemimpinan Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran.
Diketahui, pendidikan di Kalteng begitu sangat mengalami peningkatan dalam prestasi yang membanggakan, seperti siswa-siswi SMAN 2 Palangka Raya yang dengan menunjukan tingkat kompetensi yang unggul.
Terbukti pada saat event international At Word Invention Competition and Exhibition 2019 di SEGi College Subang Jaya, 2 hingga 6 Oktoer 2019 ini, duta Kalteng mampu mengharumkan Indonesia terkhusus Bumi Tambun Bungai dengan meraih 2 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu .
Sintania TT Asang MPd, Arbendi Tue SPd dan Elvia TT Asang MPd dewan guru pendamping tentunya sangat bangga dan senang atas prestasi anak anak bimbingannya, walaupun hanya meraih perak.
Menurut Sintania, anak-anak ini hebat sudah mengalahkan murid-murid SMA dari berbagai negara yang ikut pada kompetisi ini, project putra-putri Kalteng ini adalah Bring Kecapi to The World yang mana mereka menemukan kecapi yang selama ini hanya dipakai untuk acara budaya dan tradisional.
"Kecapi ini sekarang sudah bisa dipakai untuk mengiringi berbagai lagu dan musik layaknya alat musik lainnya dengan ketegangan dan grid tertentu pada kecapi sehingga menghasilan bunyi dan melodi yang serasi dengan alat musik lainnya," ungkapnya.
Guru pendamping lainnya, Helita yang juga Guru SMAN 2 Palangka Raya mengatakan, mereka hebat karena mampu bersaing dengan negara lain, kemampuan anak anak ini luar biasa apalagi kalau di dukung dengan fasilitas dan pendanaan.
"Kami berterima kasih atas dukungan kepala SMAN 2 Palangka Raya, bapak M Mi'razulhaidi MPd yang selalu memberikan semangat pada kami guru pembimbing dan anak anak untuk terus berprestasi di kancah nasional dan international," tuturnya.
Senada, salah satu orang tua siswa, Shella Winerungan yang saat itu mendampingi anak anak di Subang Malaysia sangat bangga melihat anak anak Kalteng unggul di negara orang bahkan mengalahkan berbagai negara yang ikut pada kompetisi itu.
"Penguasaan materi dan bahasa yang luar biasa dari anak anak kita, saya selaku orang tua sangat bangga dan berterima kasih kepada sekolah yang memberi kesempatan kepada anak anak kami untuk berprestasi," imbuhnya, Minggu (6/10/2019).
Sementara itu, Kepala SMAN 2 Palangka Raya mengucapkan terima kasih kepada guru pembimbing dan pendamping dan menyampaikan sukses buat keluarga besar SMAN 2 Palangka Raya dan masyarakat Kalteng dengan harapan semoga akan lebih banyak lagi medali medali yang bisa diperoleh oleh anak anak Kalteng khususnya anak anak SMAN 2 Palangka Raya serta dukungan dari Pemprov Kalteng khususnya Dinas Pendidikan dalam hal peningkatkan kompetensi guru dan siswa pada kesempatan mengikuti lomba di kancah nasional dan International.
"Anak anak kita memang sudah memiliki keunggulan kompetitif dan berdaya saing international," ujarnya.[kenedy/adv]
loading...
TAG