Kejari Kapuas Bentuk Tim Pakem, Ini Tujuannya

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kapuas membentuk Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (Pakem) Kapuas. Tim ini terbentuk dalam rapat koordinasi bersama instansi terkait, Selasa (1/9/2019)
Usai rapat kepada wartawan Kajari Kapuas, Komaidi SH menjelaskan, pembentukan tim Pakem kabupaten Kapuas ini berdasarkan Surat keputusan Kepala Kejari Kapuas Nomor Kep-03/O.2.12/Dsb/10/2019 tanggal 1 Oktober 2019.
"Tujuan dibentuknya tim Pakem itu untuk mendeteksi secara dini aliran atau paham yang membahayakan masyakat atau negara," ucap Komaidi.
Dikatakannya, pembentukan tim Pakem ini bertujuan untuk mencegah agar tidak terjadi penyelewengan ajaran agama yang dianggap sebagai ajaran-ajaran pokok oleh para pemuka agama yang bersangkutan.
Melindungi ketenteraman beragama dari penodaan atau penghinaan serta dari ajaran-ajaran untuk tidak memeluk agama yang tidak bersendikan Ketuhanan Yang Maha Esa.
Mauladi, Kasi Intel Kejari Kapuas yang merupakan wakil tim Pakem menambahkan tugas tim Pakem adalah menerima dan menganalisa laporan dan atau informasi tentang aliran kepercayaan masyarakat atau aliran keagamaan.
Meneliti dan menilai secara cermat perkembangan suatu aliran kepercayaan atau aliran keagamaan untuk mengetahui dampak-dampaknya bagi ketertiban dan ketenteraman umum.[zulkifli]
loading...
TAG