Kabid Kesmas: Siklus Terjadinya Stunting Sejak Usia Remaja Putri

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Pencegahan stunting ternyata bisa dilakukan sejak usia remaja putri. Ini mengingat pada usia tersebut, siklus awal terjadinya Stunting.
Itu kembali disampaikan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulang Pisau, Ma'ruf Kurkhi, kepada sejumlah awak media, di ruang kerjanya, Rabu (2/10/2019).
Menurutnya, banyak upaya yang bisa dilakukan dalam pencegahan stunting, diantaranya dengan melakukan penjaringan anak sekolah mulai usia  sekolah dasar, menengah pertama dan menengah atas. Karena, di usia remaja putri merupakan cikal bakal siklus terjadinya stunting apabila mengalami anemia atau kekurangan darah.
"Kalau di usia remaja putri mengalami anemia bisa dipastikan anaknya nanti akan terjadi stunting dan solusinya harus mau minum obat tambah darah, waktu hamil harus menghabiskan paling sedikit 90 butir pil penambah darah, 4 kali melakukan pemeriksaan kandungan kebidan. Karena, stanting tidak bisa kita lihat dalam 1-2 tahun," ucap Makruf.
Setelah penjaringan dari usia remaja, setelah berkeluarga harus mengikuti Aksi kelas ibu hamil, aksi pelayanan kesehatan melahirkan, aksi bayi baru lahir dan Baduta (balita 2 tahun) sampai dengan balita usia 5 tahun.
Lanjutnya, pihaknya juga saat ini sudah menggelar konvergensi percepatan penurunan stanting (KP2S) yang didalamnya terdapat 8 aksi yang melibatkan beberapa SOPD.
"Jadi 8 aksi tersebut meliputi analisa situasi, membuat kegiatan, rembuk stanting, membuat peraturan bupati tentang stanting, kader pembangunan manusia, analisa data, publikasi dan pengukuran hasil stanting, dan video stanting. Dalam 8 aksi tersebut, dinas kesehatan terlibat didalam aksi pertama dan  aksi ketujuh," terangnya.
Ditambahkannya, Reset kesehatan desa stanting dari tahun 2013 telah mencapai 46,0% dan naik menjadi 49,5%. Sedangkan ditahun 2016 mencapai angka 32,0% dan naik kembali di tahun 2017 menjadi 35,3% serta Mengalami penurunan ditahun 2018 menjadi 32,67%.[manan]
loading...
TAG