Irjen Kementan Hadiri Gerakan Tanam di Kapuas, Ini Harapan Petani

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Irjen Kementerian Pertanian RI, Justan Ridwan Siahaan beserta rombongan, turut menghadiri gerakan tanam di Kabupaten Kapuas.
Musim tanam Oktober 2019 - Maret 2020 (Okmar)  para petani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Desa Petak Batuah Kecamatan Dadahup melaksanakan gerakan tanam, beberapa waktu lalu.
"Kegiatan tersebut dalam rangka upaya peningkatan luas tambah tanam, padi musim tanam Oktober 2019-Maret 2020, di lahan pertanian Desa petak Batuah, dan dilaksanakan Jumat 11 Oktober 2019 lalu," Kata Kepala Dinas Pertanian, Anjono Bhakti, Rabu (23/10/2019).
Menurut Kadistan, Irjen menyampaikan untuk memenuhi target luas tambah tanam seluas 150 hektare yang dicanangkan pemerintah pusat, sebagai syarat untuk memperoleh bantuan alat bantu pertanian, misalnya traktor.
"Sehingga untuk mempermudah petani dalam pengolahan lahan, perluasan usaha, dan kerja sama yang baik, antara pihak terkait," ucapnya.
Sebelumnya Ketua Gapoktan Desa Petak Batuah, Maksum menyampaikan beberapa hal yang menjadi kendala yang selalu dihadapi para petani di wilayahnya, di antaranya masalah pengendalian hama tikus, pupuk, dan harga jual hasil pertanian.
"Kami berharap pemerintah pusat melalui Kementerian terkait baik pusat, maupun daerah dapat sungguh-sungguh memperhatikan, dan membantu mengatasi kendala yang selalu dialami petani di desanya," ucapnya.
Sementara Kepala Desa Petak Batuah, Sobarudin berharap agar dengan adanya kegiatan itu dapat meningkatkan kesejahteraan petani di desanya.
Camat Dadahup Randu Ramba membenarkan, apa yang menjadi kendala yang selalu dihadapi petani di wilayah yang merupakan wilayah pertanian pasang surut.
"Berharap instansi terkait, serius membantu menangani permasalahan warga," pungkasnya.[zulkifli]
loading...
TAG