Hujan Deras, Ratusan Rumah di Mandau Telawang Dilanda Banjir

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Banjir melanda sejumlah wilayah di Kecamatan Mandau Telawang, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.
Dari laporan yang diperoleh Pusdalops-PB BPBD Kabupaten Kapuas menyebutkan, banjir melanda dua desa di wilayah Kecamatan Mandau Talawang.
Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga mengatakan, musibah banjir dilaporkan pada Sabtu (26/10/2019) pada pukul 22.00 WIB kemarin.
"Lokasi terjadi banjir di Desa Jakatan Masaha dan Desa Sei Pinang Kecamatan Mandau Talawang," kata Panahatan Sinaga, Senin, (28/10/2019).
Di Desa Jakatan Masaha korban terdampak sebanyak 89 kepala keluarga (KK), sementara di Desa Sei Pinang sebanyak 316 KK terdampak.
"Penyebab banjir akibat hujan dengan intentitas yang tinggi kemudian terjadi luapan di DAS Kapuas," terangnya.
Akibat kejadian tersebut sebanyak 89 rumah di Desa Jakatan Masaha terendam banjir. Bukan hanya itu, 3 buah fasilitas umum, yakni rumah ibadah, sekolah dan kantor desa setempat ikut terendam. Sedang di Desa Sei Pinang dilaporkan sebanyak 286 rumah warga tergenang.
"Beberapa hari yang lalu di wilayah Kecamatan Mandau Talawang tersebut diguyur hujan dengan intentitas tinggi. Pada tanggal 26/10/2019 sekitar pukul 22.00 WIB DAS Kapuas meluap," terangnya.
Menurut personel BPBD Kapuas, alat sistem peringatan dini banjir yang terpasang di Desa Sei Pinang telah memberikan peringatan siaga satu dan dua.
Akibat kejadian tersebut jalan umum desa, permukiman warga dan fasilitas umum tergenang sampai dengan terendam.
Laporan sementara dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa dan luka-luka.
Kondisi hingga Minggu (27/10/2019) sekitar pukul 16.40 WIB, kondisi air mengalami penurunan. Masyarakat Tidak ada yang mengungsi karena kondisi masih dianggap aman dan Early Warning System (EWS) berfungsi dengan baik.
"Kami terus memantau seituasi terkini dan  berkoordinasi dengan pihak terkait. Perangkat Kecamatan serta perangkat desa setempat," pungkas Sinaga.[zulkifli]
loading...
TAG