Era Gubernur Sugianto, Pariwisata dan Kebudayaan Kalteng Berkembang Pesat

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Ekspos kemajuan dunia pariwisata digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalimantan Tengah (Kalteng). Ini berhubungan dengan trafik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara di Kalteng.
Kepala Disbudpar Dr Guntur Taladjan SH MPd, Jumat (18/10/2019) mengatakan, pencapain hasil kerja pada tahun 2017 hingga 2019 telah banyak mengalami peningkatan. Kegiatannya juga menyentuh langsung masyarakat, seiring dibukanya bermacam-macam destinasi wisata Kalteng.
Berbagai event nasional dan internasional juga menjadi daya tarik daerah, sehingga pundi-pundi Pendapatan Asli Daerah (PAD) pun dapat semakin meningkat.
"Terbukti dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan pada tahun 2019 baik wisatawan lokal maupun manca negara," ucap Guntur saat konferensi Pers.
Tahun 2019, target kunjungan wisatawan mancanegara 27.650 orang, namun jumlah yang berkunjung telah mencapai angka 66.434 orang. Sedangkan untuk wisatawan nusantara dari target 525.350 orang, yang berkunjung 700.195 orang tercatat hingga 31 Agustus 2019.
"Dampak nyata yang dirasakan secara langsung masyarakat sekitar adalah terbukanya peluang-peluang usaha baru sehingga bisa mengurangi angka pengangguran," tuturnya.
Ada tiga objek destinasi wisata yang menjadi prioritas utama pengembangan tahun 2019 adalah Taman Nasional Tanjung Puting, Pantai Ujung Pandaran dan Taman Nasional Sebangau.
"Kami sangat berterima kasih atas dukungan dari semua pihak terutama kepada Pak Gubenur Kalteng Sugiato Sabran, sehingga semua bisa berjalan sesuai dengan harapan selama ini," tuturnya.
Tiga tahun terakhir, lanjutnya, pariwisata dan kebudayaan di Kalteng di era Gubernur Sugiato sangat berkembang pesat.
"Tentu kami akan menjalankannya dengan aturan-aturan ada, agar bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat Kalteng," pungkasnya.[deni]
loading...
TAG