Empat Kecamatan di Pulpis Belum Teraliri Air Bersih

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Empat dari delapan kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Pulang Pisau masih belum tersalurkan kebutuhan air bersih.
Keempat kecamatan tersebut, yakni Kecamatan Maliku, Pandih Batu (Pangkoh), Kahayan Kuala (Bahaur), dan Sebangau Kuala.
Itu disampaikan Kepala PDAM Pulang Pisau, Sis Hernawa kepada sejumlah awak media, Jumat (4/10/2019) di ruang kerjanya.
"Secara umum ada empat kecamatan di Pulpis ini masih belum mendapat kebutuhan air bersih, seperti Kecamatan Maliku, Pangkoh, Bahaur, dan Sebangau," katanya.
Menurut Sis, belum tersalurnya kebutuhan air bersih di empat kecamatan tersebut, karena masing-masing daerah belum memiliki jaringan instalansi air bersih. Sehingga dengan itu, tegasnya, dipastikan kebutuhan air bersih belum baik, terutama di daerah pesisir.
"Dari PDAM sendiri, kita bersama pihak-pihak terkait, baik eksekutif maupun legislatif akan terus melakukan evaluasi terkait penyaluran kebutuhan air bersih, khususnya di empat kecamatan dimaksud," tukasnya.
Ia juga berharap kepada pemerintahan di kecamatan maupun desa, agar di setiap pelaksanaan Musrenbang, baik Musrenbangdes maupun Musrenbangcam untuk mengusulkan kebutuhan air bersih untuk daerahnya.
"Dengan itu dapat menjadi salah satu dasar untuk memperkuat tujuan kita, khusunya PDAM Pulpis untuk memperjuangkan alokasi dana pembangunan booster dan semacamnya di wilayah tersebut," tutupnya.
Tambahnya lagi, memang saat ini fasilitas pengolahan air bersih milik PDAM Pulang Pisau ada. Namun, saat musim kemarau ketersediaan air baku untuk diolah menjadi air bersih berubah menjadi payau. Artinya masih belum maksimal.[manan]
loading...
TAG