Dinsos Kapuas Sosialisasikan Tranformasi Bansos Rastra Jadi BPNT

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kapuas gencar mensosialisasikan Transformasi Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra) Menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).
Kepala Dinsos Kapuas, Budi Kurniawan mengatakan, tujuan diadakan sosialisasi tersebut untuk memberikan pemahaman mengenai mekanisme program BPNT.
"Agar nantinya Program ini dapat dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku," kata Budi Kurniawan, Kamis (3/10/2019).
Untuk peluncuran program tersebut, lanjut Budi,vpihaknya telah melakukan koordinasi malalui rapat-rapat internal dengan pihak Bulog dan perbankan dalam hal ini BRI, guna sinkronisasi program tersebut.
Dijelaskannya, BPNT adalah bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai dari pemerintah yang diberikan kepada KPM atau keluarga penerima manfaat, setiap bulannya.
"Dalam penerapannya dilakukan melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan/e-warong yang bekerjasama dengan bank," terangnya.
Sebelumnya Dinsos telah mensosialisasikan program ini di Kecamatan Selat, dan nantinya direncanakan  akan disasar pada wilayah lain.
Dilanjutkannya, Pemkab Kapuas sangat mendukung program-program Pengentasan Kemiskinan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat.
"Nantinya ini akan kami laporkan ke Bupati bagaimana persiapan-persiapan yang ada untuk program ini, supaya proses louncing nanti dapat berjalan efektif," pungkasnya.[zulkifli]
loading...
TAG