Diduga Alami Keracunan, 8 Pelajar SMP di Kapuas Dilarikan ke Rumah Sakit

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Diduga alami keracunan sejumlah siswa SMP Negeri 1 Kuala Kapuas, Kalteng harus dilarikan dan dirawat di rumah sakit setempat, Senin (7/10/2019).
Direktur RSUD Kapuas, dr Agus Waluyo membenarkan pihaknya menangani pasien yang diduga mengalami keracunan.
"Ada 8 anak tadi yang sempat dirawat di IGD, dan sudah dilakukan penanganan dengan baik," singkat Agus Waluyo.
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kapuas, H Suwarno Muriyat kepada media ini saat dikonfirmasi mengatakan, kejadian itu berawal saat siswa-siswi SMPN 1 melakukan praktek membuat salad buah, dan disebutkan salah satu bahannya menggunakan mayones.
"Mereka (siswa-siswi) praktek membuat salad  buah di rumah masing-masing untuk dipresentasekan," terang Suwarno, usai menjengung korban diduga keracunan di RSUD Kapuas.
Usai mereka mempresentasekan, lanjutnya, maka makanlah mereka bersama sama salad buah tersebut.
"Akhirnya setelah itu sekitar jam 10.00 WIB, ada yang mengalami gejala mual dan pusing, bahkan ada satu anak yang muntah-muntah," jelasnya.
Mengetahui itu pihak sekolah membawa siswa-siswi tersebut ke IGD Rumah Sakit Kapuas, dimana sebelumnya sempat di bawa juga ke Puskesmas.
Menurut Kadisdik, berdasarkan keterangan dokter yang menangani para korban diduga keracunan itu, semuanya dapat teratasi. Sementara itu belum dapat dipastikan penyebab keracunan tersebut.
"Dari 8 anak tersebut, 3 orang sudah pulang ke rumah, sementara 5 masih dirawat di ruangan di rumah sakit, menurut dokter mereka juga bisa segera dipulangkan," jelasnya.
Sementara 1 anak masih harus dilakukan perawatan lanjutan karna memiliki riwayat penyakit lain.
"Kalau toh ada penyakit lain mungkin karna bawaan saja, yaitu mungkin perawatannya beda, 1 orang anak yang mungkin perawatan lanjutan," pungkas Suwarno.[zulkifli]
loading...
TAG