Desa Anjir Kalampan Jadi Kawasan Wisata Agroforestry dan Hortikultura

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Usaha takkan pernah mengingkari hasil, begitulah kira-kira ungkapan yang layak disematkan pada kelompok tani dan petani di Desa Anjir Kalampak, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.
Desa Kalampan Jaya telah beberapa kali meraih penghargaan karena dianggap berhasil mengembangkan pertanian berbasis ramah lingkungan. Kali ini, desa tersebut ditetapkan sebagai kawasan wisata agroforestry di Kabupaten Kapuas.
Yaner, Kades sekaligus Ketua Poktan Desa Kalampan Jaya mengatakan, Desa Kalampan Jaya dijadikan tempat wisata Agroforestry pada momen
Festival Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng, Rabu (30/10/2019) di KPH Center, Palangka Raya.
"Kemarin sudah kita lakukan penandatanganan kontrak kerja sama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng, bahwa Desa Anjir Kalampan dijadikan tempat wisata agroforestry dan hortikultura di Kabupaten Kapuas," ungkap Yaner, Kamis (31/10/2019).
Menurutnya, agroforestry menjadi salah satu program yang tengah dilakukan pemerintah sebagai upaya memaksimalkan potensi sumber daya alam untuk dimanfaatkan petani dengan titik berat berbasis ramah lingkungan.
"Melalui sekolah lapang kelompok tani KLP jaya kami juga sudah menerapkan penyiapan lahan tanpa membakar, kita juga mengembangkan berbagai tanaman hortikultira, mungkin ini yang dijadikan salah satu dasar penilain tersebut," pungkasnya.[zulkifli]
loading...
TAG