Calon Kepala Daerah Independen Kotim, Ini Syaratnya.!!

Print Friendly and PDF
SAMPIT - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar sosialisasi tahapan program dan jadwal pemilihan 2020 dan tahapan penyerahan dukungan pasangan calon perseorangan (independen), Senin (7/10/2019) di aula KPU setempat.
Ketua KPU Kotim, Siti Fathonah Purnaningsih mengatakan, pada Pilkada tahun 2020 mendatang ada yang berbeda dari Pilkada 2015 lalu yang mengikuti jalur independen, yakni harus melewati verifikasi faktual di lapangan.
"Kalau pada tahun 2015 lalu kami melakukan verifikasi data KTP pendukung Calon Bupati dan Wakil Bupati dengan mengambil sampel 10 persen dari data yang diserahkan ke KPU. Namun 2020 ini kami akan melakukan verifikasi faktual dilapangan 100 persen dari data yang masuk, jadi diharapkan peran aktif dari setiap calon," jelasnya.
Ia menambahkan, format dukungan calon perseorangan yang digunakan pun berbeda dimana pada pilkada tahun 2020 ini 1 lembar pernyataan untuk setiap 1 KTP pendukung calon dan digunakan harus KTP Elektronik.
"Syarat minimal KTP El yang harus dipenuhi oleh calon perseorangan minimal adalah 23.307 lembar," bebernya.
Sementara itu, salah seorang calon Bupati dan wakil Bupati Kotim dari jalur perseorangan, Aswinnur kepada kabarkalteng.com mengatakan bahwa dirinya siap memenuhi semua tahapan yang ditentukan oleh KPU Kotim.
"Dan ini adalah sejarah pertama kalinya ada seorang Kepala Desa yang maju pada Pilkada Kotim," tandas Aswin yang kini masih menjabat sebagai Kepala Desa Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit.[tomi]
loading...
TAG