Bupati Edy bakal Paparkan Strategi Penanganan Karhutla di Jaksel

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo bersama Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), dr Muliyanto Budihardjo bakal menyampaikan paparan terkait starategi penanganan kebakaran lahan dan hutan (karhutla) di Hotel Swissbell Hotel Resident, Jakarta Selatan.
"Rencana penyampaian paparan itu terjadwal pada Rabu 2 Oktober 2019 di Hotel Swissbell Hotel Resident, Jakarta Selatan," kata dr Mul menyampaikan kepada sejumlah sejumlah awak media di Kantor Kadinkes setempat, Selasa (1/10/2019).
Rencana paparan yang akan disampaikan, lanjut dr Mul, yakni bagaimana peranan kepala daerah dalam menurunkan angka mitigasi (kesakitan) saat terdampak karhutla yang menyebabkan kabut asap berbahaya bagi kesehatan.
"Diantaranya, menyisapka. masker, obat-obatan yang cukup, sumber daya yang baik dan termasuk penyuluhan bagaimana masyarakat saat kabut asap untuk tidak keluar rumah,serta menjaga pola makan atau asupan gizi yang cukup sehingga daya tahan tubuh meningkat," terangnya.
Selain mitigasi, tambah de Mul, pihaknya juga akan memaparkan bagaimana kontigensi, atau bagian dari Mitigasi dalam artiannya melakukan simulasi yang sebelumnya juga pernah dilaksanakan di Kabupaten Pulang Pisau bagaimana penanganan Karhutla dan juga potensi asap, serta gerakan untuk pencegahan masyarakat yang terpapar Asap.
"Hal ini nanti yang akan di paparkan Bupati Pulpis dihadapan seluruh Kepala Dinas Kabupaten/ Provinsi se Indonesia," tukasnya.
Ia menambahkan, kegiatan tersebut juga merupakan bagaimana pencegahan kedepannya agar dapat lebih ditekan lagi.
"Kita berharap dengan adanya paparan ini,agar bisa diperhatikan masker jangan sampai kurang. Tim kesehatan tidak memberikan penyuluhan dan semua stakeholder dapat bekerjasama baik itu BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, DLH dan masyarakat," tutupnya.[manan]
loading...
TAG