Buka Pelatihan Pemandu Wisata, Ini Harapan Bupati Edy...!

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Pelatihan Pemandu Wisata tahun 2019 resmi dibuka Asisten II Setda Pulang Pisau, Halidi di Mess Pemda Pulang Pisau, Senin (21/10/2019).
Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kabupaten Pulang Pisau itu, turut dihadiri Kepala Disbudpar Provinsi Kalimantan Tengah, Guntur Talajan beserta staf.
Bupati Pulang Pisau, Edy Pratowo dalam sambutan tertulis yang dibacakan Halidi mengharapkan upaya pengembangan  pariwisata di Pulang Pisau harus melibatkan berbagai pihak, sehingga realisasinya akan berjalan lancar.
"Hal itu tentunya memerlukan konsep berpikir atau paradigma baru dalam upaya pengembangan kepariwisataan daerah. Upaya rill dari tiga pilar pembangunan, yakni Pemerintah Daerah melalui SKPD pengelola kepariwisataan daerah, dunia usaha, dan masyarakat harus saling bersinergi. Termasuk para pemandu wisata ini," terangnya.
Menurutnya, unsur budaya masyarakat maupun ekologi alam setempat merupakan unsur penting dalam perkembangan wisata budaya. Dan Pemerintah berkewajiban menyusun regulasi dan kebijakan yang bertumpu pada kearifan lokal masyarakat.
"Pemandu wisata budaya merupakan salah satu faktor penting guna mendukung terselenggaranya kegiatan pariwisata," tukasnya.
Ia menambahkan, pemandu wisata budaya juga berperan untuk menghubungkan wisatawan dengan pusat-pusat ikon pariwisata serta peran strategis lainnya bagi kemajuan industri pariwisata baik daerah maupun nasional.
“Profesi ini menjadi ujung tombak industri pariwisata dimana sejak dimulainya kegiatan wisata diperlukan peran dari tugas-tugas seorang pemandu wisata budaya,” tutupnya
Sementara, disampaikan Kabid Pariwisata Disbudpar Pulang Pisau, Sari Mumpung, pihaknya mengaku optimis bahwa kegiatan pelatihan yang dilakukan ini tidak lain untuk kemajuan Pulang Pisau, khususnya dibidang Pariwisata.
"Kita optimis tahun 2020 mendatang sudah siap untuk mempopulerkan sarana wisata yang ada di Pulang Pisau," tukasnya.
Ia menambahkan, untuk saat ini sarana dan prasarana di lokasi destinasi wisata di Bumi Handep Hapakat ini sudah terencana kan. Apalagi, pada 2020 mendatang ditunjang dengan bantuan Dana DAK sebesar 3 miliar.
"Semoga ini awal yang baik bagi perkembangan wisata di daerah kita. kedepan kita juga akan mewujudkan menjadi penghasilan daerah atau PAD dari sejumlah destinasi yang kita promosikan ini," tutupnya.
Sementara, untuk destinasi unggulan di Pulang Pisau saat ini ada di Bukit Bamba, Kahayan Tengah dan Desa Pulang.[manan]
loading...
TAG