Tumbuhkan Semangat Kepala Daerah dan SOPD, Pimpinan SKNews Beri Masukan Ini...!

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Salah satu media lokal di Kabupaten Pulang Pisau, yakni Suara Kahayan TV channel dan SKNews Online dalam beberapa bulan terkahir ini terus menyoroti lemahnya kinerja dan semangat sejumlah SOPD lingkup Pemkab Pulang Pisau.
Itu terlihat dengan tidak maksimalnya kegiatan yang ada di masing-masing dinas/badan/kantor lingkup Pemkab setempat.
Sebagai contoh sederhana saja, seperti pengelolaan sampah di sarana-sarana umum terlihat masih belum maksimal dan perhatian khusus oleh leading sektor terkait, sehingga banyak mendapat keluhan dari berbagai pihak, khususnya masyarakat Bumi Handep Hapakat.
Selain itu, kondisi yang terus dipantau media lokal ini diantaranya kinerja Diskominfo setempat, dimana sejauh ini dinas yang banyak bergelut di bidang publikasi itu masih belum memaksimalkan kerja dalam penataan publikasi serta memberikan informasi buat masyarakat Kabupaten Pulang Pisau dengan julukan Bumi Handep Hapakat ini.
"Itu sangat terlihat dan dirasakan dengan lemahnya pengisian media website yang dikelola oleh dinas dimaksud, termasuk juga dengan media-media outdoor seperti papan reklame dan lainnya yang bisa dipastikan tidak selalu update," ucap Suratman, pimpinan dua media lokal kepada wartawan media ini, Sabtu (28/9/2019).
Menyoroti lebih dalam lagi, pimpinan media lokal yang sejak berdiri seiring dengan umur Kabupaten Pulang Pisau ini, juga melihat dan merasakan lemahnya kinerja beberapa SOPD karena minimnya anggaran sehingga tidak maksimal dalam menjalankan roda pemerintahan di SOPD masing-masing.
"Ini dikeluhkan sejumlah SOPD, ditambah lagi isu beberapa pejabat yang mau purna tugas 1 hingga 2 tahun lagi, sehingga mengurangi semangat kerja. Bahkan ironisnya rangkap jabatan dan tinggal diluar kota menyebabkan lemahnya kinerja sejumlah SOPD tersebut," tuturnya mengungkapkan.
Lebih ironis lagi, lanjut wartawan yang satu-satunya di Pulang Pisah berhasil memegang Kartu Wartawan Utama itu, di bidang pariwisata juga demikian, tidak satupun destinasi wisata yang  menjadi andalan daerah ini, sehingga  terkesan wisata Pulpis seperti mati suri.
"Ini tentunya sangat memperihatinkan kita bersama. Kita hanya bisa memberi masukan untuk mendorong kemajuan daerah kita, tidak ada maksud lain dan sebagainya. Karena semangat SOPD kunci Sukses Kepala Daerah," ujarnya.
Nah, dari pantauan dan contoh-contoh tersebut diharapkan kepala daerah, agar memberikan upaya lebih tegas lagi dalam memaksimalkan kerja SOPD sehingga target visi misi bupati dan wakil bupati dapat tercapai dengan cepat, baik dan maksimal tentunya.
Saran dan dorongan lain hendaknya juga sekda definitif segera dilakukan agar tugas kepegawaian dapat dengan baik diperankan sekda tersebut, sedangkan kepala daerah tinggal memantau dan fokus pada tugas pokoknya .
"Memasuki usia 17 ini sudah selayaknya daerah ini semangat dalam mengejar tahun emas sehingga kemajuan daerah benar-benar akan terwujud dengan baik untuk Pulang Pisau lebih maju dan berkembang lagi," tutupnya seraya berharap seluruh pihak bahu-membahu untuk kemajuan Pulang Pisau yang sama-sama dicintai ini.[manan]
loading...
TAG