Tingkatkan Kerukunan, Pemkab, FKUB bersama Kemenag Lakukan Pembinaan Umat Beragama

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Untuk meningkatkan kerukunan umat beragama di Kabupaten Kapuas, Kementerian Agama (Kemenag) Kapuas bekerjasama dengan Pemkab Kapuas dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kapuas melaksanakan pembinaan kerukunan umat beragama.
Ini dilakukan dengan mengundang  berbagai organisasi keagamaan yang ada di Kabupaten Kapuas. Kegiatan dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag, Jalan Tambun Bungai, Kuala Kapuas, Sabtu (21/9/2019) pagi.
Empat narasumber kegiatan itu yakni, Kepala Kemenag Kabupaten Kapuas H Ahmad Bahruni, Ketua FKUB Kabupaten Kapuas H Masyumi Rivai, Kabag Hukum Kemenag Kantor Wilayah Kalimantan Tengah H Sujono dan dari Dinas Kesbangpol Kabupaten Kapuas Kabid ekonomi, budaya, sosial dan Ormas, Syahlan.
Kepala Kemenag H Ahmad Bahruni menyampaikan, tanggung jawab dalam pembinaan kehidupan beragama tidak dapat semata-mata dipikulkan kepada pemerintah melainkan umat beragama itu sendirilah yang pertama-tama dan terutama harus memikul tanggung jawab.
“Pemerintah lebih banyak berperan sebagai kekuatan penunjang dan memberikan kesempatan agar pelaksanaan ibadah dan amal agama itu dapat berjalan dengan tenang dan tentram,” kata Bahruni.

Dijelaskannya, keberadaan FKUB di daerah mempunyai peran positif dalam menjaga kerukunan intern umat terlebih lagi membantu pemerintah daerah dalam menjaga keseimbangan.
Untuk itu, Ia berharap agar semua pihak senantiasa menyadari kedudukan masing-masing sebagai komponen bangsa dalam menegakkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
Ketua FKUB Kapuas, H Masyumi Rivai dalam paparannya menjelaskan, kerukunan merupakan kebutuhan bersama yang tidak dapat dihindari di tengah perbedaan.
Dengan kerukunan antar umat beragama akan terciptanya suasana yang damai dalam bermasyarakat, toleransi antar umat beragama meningkat, menciptakan rasa aman bagi agama lain dan meminimalisir konflik yang mengatasnamakan agama.
Ia mengimbau agar selalu dilakukan dialog antar pemeluk agama dan menanamkan sikap optimis terhadap tujuan untuk mencapai kerukunan antar umat beragama.[zulkifli]
loading...
TAG