Tingkatkan Kedisiplinan, Kemenag Kapuas Lakukan Pengamanan Fingerprint

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Kedisiplinan terus ditingkatkan untuk kalangan ASN di lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas. Ini dilakukan dengan sistem absensi elektronik atau finger print, di mana telah jauh hari diterapkan.
Tidak hanya itu, bahkan pengamanan sistem absensi elekronik itu terus dijaga melalui tim absensi yang dibentuk Kemenag Kapuas terus meningkatkan pengamanan absensi sidik jari pada madrasah negeri terutama bagi pegawai negeri dan CPNS tetap terus dipantau disiplin kehadirannya.
Tim absensi ini melakukan pengambilan file absensi di beberapa madrasah, dengan menggunakan flash disk penyimpan data.
"Kemarin kita amankan mesinnya dengan password, dan bulan ini kita tarik satu per satu sekaligus mengevaluasi kalau ada terjadi kesalahan perekaman absensi," kata Hj Risnawati, Koordinator Tim.
Ketua Tim Displin Absensi, H Sajarwan mengatakan, awal bulan September ini merupakan perdana sistem penarikan secara langsung absensi sidik jari di semua madrasah negeri.
"Alhamdulillah banyak ASN kita yang sudah teratur dan displin dalam memperhatikan absen masuk dan pulang, hanya ada beberapa yang perlu lebih lagi mensosialisasikan perihal batas jam masuk dan pulang," ucap Sajarwan, Minggu (8/9/2019).
Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kapuas itu menjelaskan, selain  memperhatikan jam masuk dan pulang kerja, guru juga harus memperhatikan surat tugas apabila ada keadaan dinas luar terutama kepala madrasah.
"Jangan lupa dilampirkan surat tugasnya apabila melaksanakan dinas luar, agar bisa terbaca dinas luar oleh operator," kata Sajarwan.
Tak hanya itu saja, absen finger print juga untuk meningkatkan mutu pendidikan dan tidak sekedar ditentukan oleh profesionalisme guru saja, akan tetapi juga dibutuhkan etos kerja atau disiplin guru.
“Ini tentunya untuk meningkatkan kedisiplinan guru terutama mereka yang berstatus ASN dan penerima tunjangan sertifikasi guru," katanya.
Ia berharap, penerapan sistem tersebut dapat meningkatkan profesionalisme guru. Yakni kompeten dalam menyiapkan peserta didik untuk menjadi generasi muda penerus bangsa yang kompetitif di tingkat global.]zulkifli]
loading...
TAG