Tiga dari Empat Desa Penggugat Pilkades Berhasil Dimediasi

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Jumat (27/9/2019) Panitia Pilkades gelombang 3 tahun 2019 telah dapat menyelesaikan perselisihan Pilkades di 4 desa dengan hasil 3 desa telah menerima hasil mediasi Tim Pildes Kabupaten, di mana para penggugat dapat menerima hasil Pilkades yang telah ditetapkan Panitia.
Sementara satu desa, yakni Desa Kiapak  sampai saat ini belum meyampaikan keputusannya apakah dapat menerima hasil Pilkadesnya.
Adapaun keempat desa yang sebelumnnya telah melalukan gugatan Pilkades, yaitu Desa Kiapak, Belanti Siam, Paduran Sebangau dan Sei Bakau yang kesemua perselisihan terkait dengan jumlah pemilih dan kesalahan input data perolehan suara.
Dengan telah selesainya proses mediasi keempat desa tersebut, selanjutnya pihak panitia Pilkades kabupaten akan melangkah ke proses penerbitan Surat Keputusan oleh Bupati Pulang Pisau.
"Alhamdullilah seluruh pengajuan gugatan perselisihan Pilkades telah dapat kita selesaikan meski satu desa masih belum kita ketahui apakah Penggugat Balon yang kalah di Desa Kiapak sudah dapat menerima. Pada intinya kita mengapresiasi seluruh pihak dimana  proses mediasi berjalan dengan lancar tanpa menemui kendala yang berarti," kata Syaripul Pasaribu selaku sekretaris panitia Pilkades serentak 2019, Jumat (27/9/2019).
Dalam penyelesaian permasalahan pilkades pihak panitia menyertakan seluruh komponen panitia termasuk pihak inspektorat dan Satpol PP dengan mengacu pada upaya damai dan kekeluargaan.
Pada kesempatan yang sama, Bupati Pulang Pisau yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Drs Susilo I Tamin berpesan usai proses mediasi ini diharapkan tidak ada lagi perselisihan terjadi di atas calon yang kalah, menang serta para pendukung pasangan.
"Saya mengharapkan semua pihak berbesar hati dalam rangka bersama membangun desa dengan cara para calon merangkul dan bergandeng tangan dalam memajukan desa mewujudkan visi misi pemerintah daerah," kata Susilo dengan cukup singkat.
Sementara disampaikan pihak Inspektorat yang diwakili oleh Drs Marhaendra selaku aparat pengawas internal pemerintahan berharap calon kades terpilih untuk mempersiapkan tugas-tugas kedepan dan menghilangkan ego masing-masing saat berkompetisi pada pilkades gelombang 3 ini menuju mewujudkan desa yang maju.[manan]
loading...
TAG