Terekam CCTV Bobol Kotak Amal, Dua Pencuri Dipolisikan

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Kasus pencurian kotak amal masjid banyak terjadi dan terulang terus. Pelakunya pun seakan tak jera melakukan tindak pencurian kotal masjid.
Masyarakat geram atas ulah pencuri kotak amal masjid. Saking geramnya, warga pun lantas memasang CCTV di setiap sudut masjid dan terutama di dekat kotak amal.
Benar saja, pemasangan CCTV di masjid membuah hasil. Pria berinisial AG (24) warga Jalan Sare Pulau Kecamatan Bataguh dan satunya pemuda berinisial AP (17), diamankan Polsek Basarang, lantaran terbukti melakukan aksi pencurian dengan pemberatan, membobol kotak amal masjid.
Tersangka AG diciduk polisi atas bantuan relawan Balakar545 Kapuas yang mengintai gerak-gerik kemudian terlebih dahulu mengakankan tersangka lalu menyerahkan kepada polisi, kemudian tersangka AP ditangkap unit Reskrim Polsek Selat pada Sabtu (7/9/2019).
Kapolres Kapuas, AKBP Tejo Yuantoro, melalui Kapolsek Basarang, Iptu Suriadi membenarkan pihaknya telah mengamankan dua terduga pencuri kotak amal  Masjid Noor Taqwa, Jalan Trans Kalimantan, Km 9 Desa Bungai Jaya, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas.
"Iya benar kejadian Selasa, (3/9/2019) lalu, keduanya melakukan aksinya pagi sekira pukul 06.40 WIB di Masjid Noor Taqwa, kedua tersangka ini melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan sebagaimana dimaksud dalam padal 363 KUH Pidana," beber Kapolsek, Selasa (10/9/2019).
Menurutnya, pelaku sebanyak dua orang. Kala itu mereka masuk ke dalam masjid kemudian membongkar kotak amal dengan cara mencongkel dan mengambil uang yang berada di dalam kotak amal tersebut.
Setelah berhasil melakukan aksi pencurian menggasak uang kota amal kemudian para pelaku kabur, pergi meninggalkan masjid.
"Kejadian itu baru diketahui oleh marbot atau kaum masjid pada siangnya usai shalat Dzuhur, karna saksi ini melihat kotak amal tersebut dalam keadaan terbuka habis dibobol," terang Kapolsek.
Selain itu kata Kapolsek, aksi pencurian itu juga telah terekam CCTV masjid, hingga marbot kemudian melaporkan  dan memusyawarakan dengan panitia masjid, lalu dilaporkan kepada kepolisian.
"Kejadian tersebut bukan satu kali ini para pelaku mencongkel kotak amal masjid, diketahui telah dua kali ini terekam CCTV," kata Kapolsek.
Atas kejadian tersebut, pihak panitia masjid Noor Taqwa mengalami kerugian material kurang lebih Rp1 juta.
"Kedua pelaku kini sudah kami amankan guna proses hukum lebih lanjut, keduanya terancam dikenakan pasal 363 KHUPidana tentang pencurian disertai pemberatan," pungkas Kapolsek.[zulkifli]
loading...
TAG