Tengah Malam, Gubernur Kalteng Tinjau Posko Induk Satgas Karhutla di Kapuas

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran meninjau Posko Induk Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kuala Kapuas, untuk melihat sejauh mana kesiapan anggota dan peralatan pada posko di Kuala Kapuas
Kedatangan Gubernur ini disambut Kepala Pelaksana BPBD Kapuas Panahatan Sinaga dan jajarannya.
"Senin, tanggal 16 September 2019 pukul 23.15 WIB malam, Kunjungan Bapak gubernur di Posko Induk Satgas Karhutla di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kapuas," kata Sinaga, Selasa (17/9/2019).
Menurutnya, kehadiran gubernur melakukan pengecekan personel dan peralatan terkait kegiatan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Kapuas.
"Tanggapan gubernur bagus dalam penanganan dan asap kurang pada saat beliau berkunjung kesini selain itu Kapuas termasuk kejadian karhutlanya lebih kecil dibanding daerah lain," imbuhnya.

Selain itu, lanjut dia, dijelaskan inventarisir peralatan yang dimiliki Posko Satgas Karhutla di Kapuas. Menurut Sinaga rencananya Posko akan disuport peralatan mesin yang kapasitasnya lebih besar dan bisa menjangkau 5 Kilometer.
Gubernur juga minta antisipasi kebakaran hutan dan lahan terus ditingkatkan, apa lagi saat ini sejumlah wilayah di Kapuas juga terdampak kabut asap akibat bencana Karhutla. Diharapkannya semua pihak terkait agar melaksanakan koordinasi secara terpadu dan diupayakan untuk pencegahannya lebih ditingkatkan.
Begitu juga patroli terus ditingkatkan dengan berkoordinasi pada dinas terkait dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan itu.
Kepala Pelaksana BPBD Kapuas mengatakan, semua peralatan dan perlengkapan pencegahan kebakaran hutan dan lahan siap digunakan termasuk personel juga siap bergerak bila sewaktu-waktu terjadi kebakaran.
BPBD Kapuas, lanjutnya, terus berupaya dan berusaha untuk meminimalisir munculnya titik panas (hotspot).
Demikian juga Posko di tingkat kabupaten maupun di kecamatan akan selalu siaga.
Dalam kunjungannya ke posko tersebut, Gubernur Kalteng beserta rombongan selain menerima penjelasan dari Kepala BPBD Kapuas tentang pelaksanaan penanggulangan juga melakukan meninjau kesiapan Satgas Karhutla.[zulkifli]
loading...
TAG