Tandai Harhubnas, Bandara Sanggu Gelar Senam dan Jalan Sehat

Print Friendly and PDF
BUNTOK - Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) ke-48 dan Hari Jadi ke-60 Kabupaten Barito Selatan (Barsel) diperingati srmekaligus Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) Kelas III Sanggu Buntok.
Peringatan hari bersejarah keduanya ditandai manajemen UPBU Sanggu dengan menggelar senam massal, jalan aehat dan penyaluran donor darah, Rabu (11/9/2019).
Selain keluarga besar Bandara Sanggu, kegiatan juga melibatkan masyarakat, seluruh jajaran Dinas Perhubungan Barsel dan sejumlah instansi terkait serta unsur Forum Koordinasi Pimpinanan Daerah setempat.
Kapala UPBU Kelas III Sanggu, Agus Priyatmono menuturkan, dalam rangka Harhubnas 2019 ini pihaknya menggelar kegiatan senam massal dan jalan sehat. Ini bertujuan untuk mempererat tali silaturrahmi dengan masyarakat dan seluruh stakeholder agar mengenal lebih dekat keberadaan bandara di Buntok.
"Kami sudah memberikan fasilitas termudah transportasi yang lebih cepat untuk masyarakat, dari Banjarmasin ke Buntok dan Buntok - Banjarmasin setiap hari Selasa," ujarnya. 

Dilanjutkannya, antusiasme masyarakat terhadap transportasi udara cukup tinggi, dalam hal ini Ditjen Hubud telah berusaha meningkatkan fasilitas bandara yang saat ini hanya diterbangi pesawat Susi Air dengan rute Banjarmasin - Buntok.
"Saat ini bandara hanya dilayani penerbangan perintis maskapai Susi Air seminggu sekali," jelasnya.
Dengan adanya pembangunan bandara ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di Barsel. Kemenhub mempersiapkan Rp7 miliar yang digunakan untuk penimbunan sementara sebagai persiapan konstruksi runway sebanyak Rp 20 miliar.
"Dengan pengembangan awal adalah perpanjangan runway sepanjang 100 meter," ungkapnya.
Ditambahkannta, Bandara Sanggu merupakan bandara Kelas III yang dikelola oleh UPBU. Bandara saat ini mempunyai panjang runway 750 m x 23 m, taxiway 61.5 m x 23 m serta apron 60 m x 40 m dan gedung terminal seluas 200 m2.
"Sesuai masterplan ultimate, runway di bandara ini bisa diperpanjang hingga 1.450 meter x 30 meter. Semoga dengan berkembangnya Bandara kebanggaan masyarakat Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini dapat memicu meningkatnya perekonomian," pungkasnya.[laily]
loading...
TAG