Serius..!, Kejari Mura tak Main-main Tangani Kasus Karhutla

Print Friendly and PDF
PURUK CAHU - Menyikapi kondisi kabut asap akibat maraknya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang kini semakin pekat di Kabupaten Murung Raya (Mura), Kejaksaan Negeri (Kejari) Mura menggelar kampanye penggunaan masker sekaligus pembagian masker gratis.
"Selain kampanye kami juga membagikan masker secara gratis kepada warga," ucap Kepala Kejari Mura, Robert P Sitinjak SH MH, kepada kabarkalteng.com, Senin (17/9/2019).
Disampaikannya, pihaknya juga telah diberikan kewenangan dalam menghadapi kondisi seperti ini. 
"Kejaksaan Negeri Murung Raya diberikan kewenangan oleh undang-undang dapat langsung melakukan penyidikan sendiri guna melengkapi berkas perkara karhutla yang dilakukan oleh perusahaan atau korporasi di wilayah Kabupaten Murung Raya, Kalteng. Dasar hukumnya UU Nomor 18 Tahun 2018 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan," bebernya.
Robert melanjutkan, perkara seperti ini pernah pertama kalinya ditangani oleh Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan (Kejati Sumsel) yang melakukan terobosan dengan menyidik dan menuntut sendiri perkara kasus illegal logging.
"Hal ini guna mencegah terjadinya karhutla yang disebabkan oleh pihak perusahaan, karena saat ini mulai memasuki musim kemarau," terangnya.
Robert juga berharap kerja sama dari semua lapisan masyarakat dalam menegakkan aturan atau kewenangan tersebut.
"Apabila ada melihat terjadi karhutla atau kasus pengrusakan lingkungan lainnya yang dilakukan oleh perusahaan. Kejaksaan sendiri akan turun langsung melakukan penyidikan dalam melengkapi berkas perkara yang asalnya dari penyidik Polres Murung Raya," tutup Robert.[ruhui]
loading...
TAG