Semua Perangkat Daerah Harus Gunakan Domain kalteng.go.id

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Domain go.id harus digunakan pada website perangkat daerah di lingkup Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Ini sebagai bentuk implementasi terhadap Undang-Undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik.
Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri mengatakan, pengunaan domain ini mengacu Peraturan Pemerintah nomor 82 tahun 2012 tentang penyelenggaraan sistem dan transaksi elektronik, Permenkominfo nomor 23 tahun 2013 tentang pengelolaan nama domain dan Permenkominfo nomor 5 tahun 2015 tentang registrar nama domain instansi penyelenggara negara.
"Saat ini era teknologi dan informasi yang serba canggih dan cepat, sehingga kita perlu memanfaatkan teknologi sebagai pendukung dalam menyediakan informasi masing-masing perangkat daerah kepada masyarakat," ucap Fahrizal Fitri dalam amanatnya yang disampaikan, Kadis Kominfo Kalteng, Ir Herson B Aden MSi, Rabu (25/9/2019).
Disampaikan juga, pentingnya informasi yang cepat dan akurat kepada masyarakat dengan menyediakan sarana komunikasi dan informasi yang dapat diakses langsung oleh masyarakat, seperti ketersedian website perangkat daerah yang terupdate dan terpercaya, diantaranya dengan menampilkan media informasi dan komunikasi melalui internet, berupa kode atau susunan karakter, yang berkarakter unik untuk mewujudkan lokasi tertentu dalam internet.
Menampilkan media pelayanan publik dengan alamat elektronik resmi sesuai nomenklatur pelayanan publik yang dimiliki sebagai nama domain pelayanan publik.
"Juga penggunaan situs web resmi Pemprov Kalteng dengan nama domain kalteng.go.id," bebernya.
Selain itu juga harus menampilkan alamat website atau alamat internet resmi pemerintah yang dimiliki menjadi sub domain di lingkungan Pemprov Kalteng sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
Mewujudkan seluruh perangkat daerah yang menggunakan domain kalteng.go.id dengan menggunakan server nama domain yang berada di wilayah NKRI serta mewujudkan seluruh perangkat daerah yang menggunakan domain kalteng.go.id dengan alamat protokol atau internet (ip address) yang berada di wilayah NKRI.
Ditambahkannya, dalam ketersediaan informasi yang terupdate dan terpercaya kepada masyarakat melaui website perangkat daerah, maka Pemprov Kalteng menyediakan domain kalteng.go.id sebagai nama resmi domain instansi.
"Melalui sosialisasi instruksi gubernur ini diharapkan semua perangkat daerah harus menggunakan domain kalteng.go.id pada website pemerintah atau perangkat daerah secara baik dan seragam dalam ketersediaan informasi kepada masyarkat," tandasnya.[kenedy/adv]
loading...
TAG