Satgas Siaga Karhutla Padamkan Puluhan Hektare Lahan Terbakar di Kapuas Hilir

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi. Kali ini di wilayah Kecamatan Kapuas Hilir. Kebakaran yang terjadi Senin (2/9/2019) kemarin menghanguskan puluhan hektare lahan di dua lokasi yang berbeda.
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga mengatakan, laporan Posko Siaga Darurat Karhutla Kapuas menyebutkan, Karhutla di Kelurahan Hampatung, Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas, pada titik kordinat (-3.030556, 114.418333).
"Menerima laporan kebakaran itu personel Satgas Posko Induk dibantu masyarakat turun melakukan pemadaman di lokasi," kata Sinaga, Selasa (3/9/2019).
Data sementara yang dihimpun, kata Sinaga, luasan yang terbakar di wilayah itu 10 hektare lahan.
"Selanjutnya pada saat tim melaksanakan pemadaman Karhutla di Kelurahan Dahirang, karena keterbatasan sumber air tim tidak bisa melanjutkan pemadaman," jelasnya.
Pemkab, kata dia, juga menurunkan tim PSC 119 Dinkes Kabupaten Kapuas ke lokasi karena ada petugas dan masyarkat yang mengeluh sesak nafas.
Pada hari yang sama juga terjadi Karhutla di Kelurahan Hampatung, tepatnya di Desa Palangkau Lama, Kecamatan Kapuas Murung, Kabupaten Kapuas.
"Luasan lahan yang terbakar di wilayah itu seluas 5 hektare," pungkasnya.[zulkifli]
loading...
TAG