Sambut 1 Muharram 1441 Hijriah, Ribuan Warga Kapuas Ikuti Pawai

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Ribuan warga Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng) mengikuti pawai menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1441 Hijriah, Minggu (1/9/2019) pagi.
Diiringi lagu-lagu dan dengan atribut-atribut bernuansa religi warga berkeliling kota untuk memeriahkan pergantian tahun Islam. Warga pun tampak antusias menyaksikan pawai.
Rute pawai memeriahkan pergantian tahun 1440 Hijriah ke 1441 Hijriah ini dimulai dari depan Rujab Bupati, Jalan Sudirman dan berakhir di depan Masjid Agung Al Mukkarram Jalan Tambun Bungai, Kuala Kapuas.
Pawai diikuti dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, ASN, hingga masyarakat umum.
Sembari membawa aneka atribut dengan beraneka bentuk dan warna, para peserta berjalan mengitari jalan-jalan utama lintasan pawai di kota Kapuas.
Musik dan lagu-lagu religi pun terdengar mengiringi langkah kaki para peserta pawai, aneka mobil hias berbagai bentuk turut memeriahkan pawai.
Tommy Saputra, Ketua Panitia Pelaksana kegiatan pawai 1 Muharram mengatakan, pawai kali ini diikuti 107 kelompok peserta dengan jumlah yang berpartisipasi hampir 10 ribu orang.
"Kegiatan ini diselenggarakan PHBI bersama Pemkab Kapuas, dalam rangka menyambut tahun Baru Islam 1 Muharam 1441 Hijriah," kata Tommy, usai pelepasan peserta pawai.
Pawai 1 Muharram ini, lanjut dia, menjadi agenda tahunan PHBI Kapuas, pawai ini juga dilombakan, dan pihak panitia telah menyiapkan berbagai hadiah, piagam, tropi hingga uang tunai puluhan juta rupiah.
“Kegiatan ini dalam rangka menyambut tahun Baru Islam 1 Muharam 1441 Hijriah. Tiap tahun memang ada dan pesertanya selalu ramai,” kata salah satu peserta pawai, Yannor.
Warga masyarakat pun antusias menyaksikan hiburan sekaligus syiar Islam ini.
“Kegiatan dalam rangka 1 Muharam ini sepertinya setiap tahun diadakan Meriah dan ramai sekali. Anak-anak banyak yang berpartisipasi dan senang,” kata Sabri, salah satu warga.[zulkifli]
loading...
TAG