Resmi Dilantik, PSMTI Janji tak Terjun ke Ranah Politik

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran melantik pengurus dan mengukuhkan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kalteng masa bakti 2019-2023.
Acara bertajuk Meningkatkan Peran Aktif Marga Tionghoa dalam sosial kemasyarakatan ini digelar di M Bahalap Hotel, Kota Palangka Raya, Kamis (19/9/2019) malam.
Gubernur menyampaikan, Pemprov Kalteng pada prinsipnya menyambut baik semua organisasi baik yang ada di provinsi maupun di kabupaten dan kota di Kalteng.
"Banyaknya organisasi dan partai politik di Kalimantan Tengah, warga tidak perlu was-was dan tidak perlu takut. Adanya organisasi ini menjadikan Kalimantan Tengah bermartabat dan harmonis. Harmonis ini kunci pembangunan di Bumi Tambun Bungai yang kita cintai ini," ucapnya.
Sementara itu, Ketum PSMTI Pusat, David Herman Jaya menuturkan, organisasi ini sebagai bentuk wadah berkumpulnya keturunan Tionghoa yang cinta Indonesia.
"Organisasi ini akan bersama-sama organisasi lain untuk membantu menyukseskan program-program pemerintah setempat," ujarnya.

Terpisah, Ketua PSMTI Kalteng, Frans Martinus mengungkapkan, PSMTI pusat telah resmi terbentuk sejak 1998 silam. Sesuai anggaran dasar (AD) dan anggaran rumah tangga (ART) PSMTI merupakan organisasi kemasyarakatan yang bergerak di bidang sosial.
Oleh karena itu, lanjutnya, organisasi ini tak akan terjun dalam urusan politik.
"Arah kami ke sosial. Sesuai AD ART PSMTI, tidak ada kaitannya dengan politik. Anggota organisasi lintas agama," tuturnya.
Dilanjutkannya, rencana ke depan pihaknya akan menyediakan bantuan ambulan, anjangsana ke panti sosial, dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya.
Untuk itu, pihaknya berharap dengan kehadiran PSMTI Kalteng ini, pihaknya bisa mengambil bagian secara aktif membantu mewujudkan program pembangunan Pemprov Kalteng di bidang sosial.
"Banyak yang anggota yang siap membantu untuk kepentingan sosial, tapi kalau untuk kepentingan politik tidak mau," tandasnya.[kenedy/adv]
loading...
TAG