Ratusan Peserta Ikuti Rakornis Pemdes Berbasis Aplikasi

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau melalui Dinas PMD menggelar Rakornis Pemerintah Desa/Kelurahan Sekaligus Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa/Kelurahan berbasis aplikasi se- Kabupaten Pulang Pisau, berlangsung di aula Bappedalitbang, Senin (9/9/2019).
Kegiatan dihadiri para camat, lurah, kepala desa dan ketua BPD serts operator desa se-Kabupaten Pulang Pisau.
Kepala Dinas PMD Kabupaten Pulang Pisau, Syariful Pasaribu dalam laporannya menyampaikan acara ini merupakan agenda rutin Dinas PMD Kabupaten Pulang Pisau per triwulan.
"Kegiatan ini sebagai wadah pembelajaran  dan peningkatan SDM aparatur desa serta sebagai wadah silaturahmi antara pemerintah kabupaten dan pemerintah desa," ujar Syariful saat dikonfirmasi wartawan media ini, Senin (9/9/2019).
Menurutnya, rakornis ini juga memiliki nilai strategis, kerena di dalamnya memuat beberapa hal kebijakan bupati terkait penyelenggaraan pemerintahan desa/kelurahan. Diantarnya,  kebijakan ADD Siltap dan prioritas penggunaannyaa yang akan berpengaruh dengan APBDes Perubahan 2019 dan APBDes Murni 2020 serta Perbub 2020.
"Rakornis kali ini dibandingkan dengan sebelumnnya memiliki keistimewaan karena diagendakan sekaligus meningkatkan kapasitas aparatur des dan kelurahan berbasis aplikasi," katanya.
Ia menambahkan, dalam kegiatan ini juga para programmer dan narasumber memberikan langsung beberapa aplikasi kepada operator desa dan kelurahan, yakni aplikasi SIPADES dan Cash Managem System.
"Beberapa aplikasi yang akan di update dan diinstal langsung oleh programer nya, dan para narasumber yang diberikan kepercayaan langsung kepada para operator desa dan kelurahan," tutupnya.
Sementara kegiatan tersebut turut dihadiri Bupati Pulang Pisau dalam hal ini diwakili oleh Asisten I Setda Pulang Pisau, Kajari, Kapolres, Ketua DPRD dan seluruh Kepala SOPD lingkup Pemkab Pulang Pisau.
Sedangkan, informasi yang berhasil dihimpun peserta rakornis diikuti sebanyak 334 orang terdiri dari Kepala SOPD lingkup Pemkab Pulang Pisau 33 orang, camat 8 orang, lurah 4 orang, Kades dan Ketua BPD sebanyak 190 orang serta operator desa se-Kabupaten Pulang Pisau sebanyak 99 orang.[manan]
loading...
TAG