Produk BUMDes dan Unggulan Desa Antarkan Pulpis Juara Stand Booth

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Produk BUMDes dan produk unggulan desa di Kabupaten Pulang Pisau berhasil mengantarkan juara I pada lomba Stand Booth dalam Pameran Produk hasil BUMDes dan produk unggulan desa di Rakor Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (P3MD) Tingkat Provinsi Kalteng, mulai 29 Agustus hingga 1 September 2019 di Swiss Bell Hotel, Kota Palangka Raya.
Kepala Dinas PMD Kabupaten Pulang Pisau, Syariful Pasaribu mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan pameran kedua yang diadakan oleh Satker P3MD Provinai Kalteng yang bertujuan untuk mendorong kinerja dan produktivitas BUMDes sebagai penggerak perekonomian desa.
"Pameran ini diikuti oleh 13 kabupaten se-Kalteng dengan menampilkan produk BUMDes dan produk unggulan desa," kata Syariful menyampaikan kepada wartawan media ini, Senin (2/9/2019).
Menurut Syariful, sebelum mengikuti lomba tersebut, pihak telah melakukan persiapan bersama  Tenaga Ahli P3Md untuk menginventarisir produk-produk unggulan BUMDes Kabupaten Pulang Pisau yang saat ini sudah terbentuk sebanyak 73 BUMdes untuk dapat ditampilkan di lomba pameran itu.
"Penampilan produk ini khusus yang memiliki produk unggulan yang dinilai punya keunggulan, unik dan inovatif untuk disertakan dalam ajang pameran tersebut. Dalam pameran ini mengusung tema Produk BUMDes berbasis inovasi dan kearifan lokal berdasarka potensi yg dimiliki oleh desa," tuturnya.
Ditambahkan Syariful, adapun aspek yg dinilai dari lomba tersebut melingkupi hal sebagai berikut. Pertama, Aspek Firmitas kesesuaian dengan tema. Kedua, Aspek Utilitas yaitu variasi, kelengkapan dan komponen. Ketiga, Aspek Venusitas yaitu keindahan, dan terakhir aspek Marketing (Pemasaran).
"Untuk aspek kedua, Stand BUMDes Pulang Pisau yang paling variatif, lengkap dr berbagai komponen. Untuk aspek ketiga dari sisi dekorasi dan layout stand Pulpis cukup bagus, karena dilengkapi dengan deskripsi seperti Baleho, Banner dan Keterangan produk BUMDes. Dan pada aspek terakhir stand Pulpis memberikan pelayanan yang cukup ramah, menarik konsumen (pembeli), sehingga tingkat transaksi cukup signifikan," pungkasnya.
Sementara, untuk jenis produk unggulan yang ditampilkan pada lomba tersebut, yakni kerajinan anyaman rotan seperti tas, topi, lawung dan sumping dari binaan BUMDes Pilang Hinje Simpei (Desa Pilang Kec. Jabiren Raya).
Selanjutnya, serbuk Jahe Merah dan Kunyit berkemasan dari BUMDes Makaryo Sapodo-Podo dari Desa Sebangau Mulya- Kecamatan Sebangau Kuala. Aneka Produk Olahan dari Jamur Tiram sepertk sate jamur, keripik jamur, madu kemasan botol dll dari BUMDes Sangalang Hapakat, Desa Tanjung Sangalang, Kecamatan Kahayan Tengah.
Berikutnya, BUMDes Andung Hagatang Desa Parahangan, Kecamatan Kahayan Tengah dengan produk olahan home industry berupa kripik kelakai, bayam dan kerajinan daur ulang sampah botol plastik, dan terkahir UMKM binaan BUMDes Rawi Batarung Desa Bukit Rawi, Kecamatan Kahayan Tengah berupa kerajinan anyaman rotan dan home indutry (makanan ringan dari tumbuhan kelakai).[manan]
loading...
TAG