Petani Sei Pasah Mulai Kembangkan Budi Daya Bawang Merah

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Petani di Desa Sei Pasah, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas kini mulai mengembangkan budi daya bawang merah, di samping padi  sebagai tanaman utama petani setempat.
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Anjono Bhakti mengatakan, selain pemasarannya yang mudah, budi daya bawang merah juga dirasakan lebih mudah dan dapat dimanfaatkan oleh petani sebagai tanaman sela atau memaksimalkan pemanfaatan lahan.
"Kelompok Tani Maju Bersama, kemarin Sabtu (21/9/2019) telah melakukan panen bawang merah di lahan seluas setengah hektar di Desa Sei Pasah," kata Anjono, Rabu (25/9/2019).
Panen bawang merah kelompok tani tersebut, lanjutnya, salah satu langkah mengatasi inflasi atau melonjaknya harga bawang merah di wilayah Kapuas.
Kepala Bidang Hortikultura Distan Kapuas, Susan Sevina menambahkan, kelompok tani Maju Bersama merupakan salah satu kelompok tani binaan Distan Kapuas.
"Panen pada lahan seluas setengah hektar kemeren dengan hasil beberapa ton bawang merah yang bisa disuplai kesejumlah daerah di Kabupaten Kapuas,” jelasnya.
Pihaknya berharap hasil panen tersebut tidak hanya menjadi bahan konsumsi masyarakat.
"Tetapi juga bisa menjadi bibit untuk budidaya bawang merah dikemudian hari sehingga para petani dapat berswadaya dan mandiri dalam pembibitan," pungkasnya.[zulkifli]
loading...
TAG