Perangkat Daerah Penting dalam Menyediakan Data Informasi

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Rapat Koordinasi dan Bimbingan Teknis Penguatan Jaringan Informasi
Geospasial Nasional Regional Kalimantan, Selasa (3/9/2019).
Kegiatan ini digelar merupakan salah satu upaya dalam penguatan simpul jaringan daerah dan diharapkan simpul jaringan yang ada dapat lebih berkualitas dan bermanfaat agar mampu memberikan kontribusi aktif dalam pencapaian pembangunan daerah.
Kegiatan ini juga digelar sesuai amanat undang-undang nomor 4 tahun 2011 tentang informasi geospasial, peraturan pemerintah nomor 9 Tahun 2014 tentang pelaksanaan undang-undang nomor 4 tahun 2011 tentang informasi geospasial, serta peraturan Presiden nomor 27 tahun 2014 tentang jaringan informasi
Geospasial Nasional.
penggunaan Informasi Geospasia guna pelaksanaan pembangunan nasional dan untuk mendukung terwujudnya agenda prioritas pembangunan nasional diperlukan Kebijakan Satu Peta (KSP) yang mengacu pada satu referensi geospasial, satu standar, satu basis data dan satu geoportal.
"Dalam rangka menuju era integrasi satu data dan keterbukaan pemerintah (open government), salah satunya prinsip umum yang akan dikembangkan oleh pemerintah dalam penyelenggaraan satu data yang akuntabel dan berintegritas berdasarkan pada Sistem Informasi Geospasial Indonesia," ucap Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri menyampaikan amanat gubernur.
Dilanjutkannya, hal ini menunjukkan benang merah yang kuat menjadi
bahwa kebijakan Satu Data Indonesia (SDI) akan menjadi payung besar bagi kegiatan Percepatan Kebijakan Satu Peta (PKSP).
"Data ini juga mencakup data geospasial dan kelembagaan  Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN) akan terintegrasi kedalam kelembagaan satu data," imbuhnya.
Ditambahkanya, ketersediaan data informasi geospasial ini menjadi sangat penting dalam mendukung penyelenggaraan simpul jaringan.
"Kita harus senantiasa berupaya semaksimal mungkin untuk mewujudkan penyediaan data base informasi geospasial guna mendukung perencanaan pembangunan yang terkoordinasi, terintegrasi dan berkesinambungan," timpalnya.
"Untuk itu peran perangkat daerah terkait selaku unit produksi data menjadi sangat penting dalam menyediakan data informasi geospasial secara maksimal sesuai dengan kewenangannya," pungkasnya.[kenedy/adv]
loading...
TAG