Pemprov Kalteng Fokus Tingkatkan ‌Perekonomian Masyarakat Pedesaan

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) berupaya maksimal meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah pedesaan. Salah satunya melalui program prioritas pembangunan pedesaan guna pemerataan.
"Kita harus mendukung penuh visi dan misi Kalteng Berkah yang digaungkan Bapak Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran," Kata Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri, Senin (9/9/2019).
Ditegaskannya, perhatian pemerintah daerah diakselarasi melalui program pembangunan yang berasal dari APBD dan penggunaan anggaran desa. Dengan begitu masyarakat desa bisa diberdayakan dan mengelola sumber daya alam yang dimiliki.
"Perhatian di lingkungan masyarakat yang berdekatan diareal sekitar gambut. Karena masyarakat pada umumnya sebagian besar menggerakkan mata pencahariannya," imbuhnya.
Dengan begitu, pemerintah tentunya bisa memberikan apa yang dibutuhkan masyarakat. Pemerintah daerah juga harus melakukan revitalisasi ekonomi didaerah gambut di lokasi pedesaan dan bukan di perkotaan.
"Dengan kata lain, pemerintah memberikan perhatian didaerah yang secara historis dan perjalanan  sering terjadi kebakaran dan terulang. Maka, hal inilah yang dilakukan dalam rangka merubah pola hidup masyarakat dengan membantu revitalisasi ekonomi," jelasnya, baru-baru ini.
Menurutnya, perhatian itu dimulai dari bidang pertanian, peternakan, perikanan. Bahkan ada yang mengusulkan bantuan sarang walet.
"Akhirnya, kita coba dan terus mencoba membantu. Dengan asumsi dan melihat potensi, hasilnya bisa digunakan dalam fungsional kebutuhan masyarakat di daerah kawasan gambut," ungkapnya.
Ditambahkan, bagaimana pengelolaan dari sektor perikanan dan apabila itu ditanam bisa menghasilkan, baru setelah itu bisa dilanjutkan. Ia berharap melalui kondisi gambut ini bisa dikelola dengan bijak dan bermanfaat.
"Manfaat pertama bisa memberikan kesejahteraan masyarakat melalui pertanian dan peternakan. Kedua, masyarakat secara tidak langsung bisa menjaga lingkungan," tandasnya.[kenedy/adv]
loading...
TAG