Peduli Kesehatan Masyarakat, IPJI Kalteng Bagikan Masker

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Bencana Kabut asap yang terjadi di Kalteng khususnya di kota Palangka Raya dan sekitarnya pastinya berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat.
Kondisi ini membuat simpati dan peduli dari DPW Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI) Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan turun langsung ke jalanan membagikan 2000 masker kepada warga.
Kegiatan tersebut berlangsung di bilangan Jalan Yos Sudarso, Depan Pos Polisi Lalulintas Polres Palangka Raya, Jumat (20/9/2019).
Ketua DPW IPJI Kalteng, Ir Timerasi Labat MSi mengatakan, kegiatan ini sebagai wujud keprihatinan pihaknya melihat dampak buruk kabut asap yang melanda Kalteng, khususnya kota Palangka Raya dan sekitarnya.
"Pada hari ini kami turun kejalan membagikan 2000 ribu masker kepada masyarakat yang melintas dijalan Yos Sudarso. Kami merasa prihatin dengan kondisi kabut asap yang tentunya berdampak buruk bagi kesehatan," ucapnya.
Melalui kegiatan ini, lanjutnya, pihaknya mencoba untuk mengedukasi masyarakat agar peduli dan menjaga kesehatan dalam kondisi udara yang tidak kondusif seperti saat ini.
Ia juga mengatakan, hendaknya warga mengurangi kegiatan diluar rumah karena akan berdampak buruk bagi kesehatan, terutama bagi para penderita penyakit tertentu yang berhubungan dengan pernafasan, seperti sakit jantung, paru-paru, asma, dan lainnya.
"Jika memang harus keluar rumah hendaknya menggunakan masker, kaca mata serta perbanyak minum air putih agar dapat mengurangi dampak buruk kabut asap," imbaunya.
Selain itu, tambahnya, pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalteng dalam hal ini Pemerintah Provinsi Kalteng, TNI Polri serta pihak-pihak relawan karhutla yang telah berupaya melakukan penanganan karhutla di Provinsi Kalteng.
Terpisah, Suwarni (43) salah satu warga yang melintas dan menerima masker mengaku sangat terbantu dengan adanya pembagian masker gratis ini.
"Selama ini saya tidak begitu peduli dengan penggunaan masker meski kabut asap menebal, namun siang ini saya mengaku tertarik setelah diimbau oleh beberapa Pengurus IPJI yang membagikan masker," tutupnya.[kenedy]
loading...
TAG