Peduli Kabut Asap, OPD Pemprov Kalteng Lakukan Aksi

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Peduli terhadap dampak dari bencana kabut asap atau Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kalimantan Tengah (Kalteng), sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov Kalteng turun langsung ke jalan untuk melakukan aksi peduli dampak dari bencana kabut asap ini.
Salah satunya dari Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kalteng yang dipimpin langsung Kepala Disperkimtan Kalteng, Ir Leonard S Ampung MM MT.
Mereka melakukan pembagian 3000 lebih masker kepada masyarakat di kawasan Trafic Light, Jalan Garuda, Kota Palangka Raya, Selasa (17/9/2019).
"Aksi peduli dampak bencana kabut asap ini, kami dari Disperkimtan membagikan masker bagi masyarakat yang mengendarai roda 2 dan 4. Semoga bermanfaat bagi masyarakat untuk mengurangi dampak dari kabut asap di Kota Palangka Raya," katanya.
Sementara itu, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Doris Sylvanus telah membuka layanan Rumah Oksigen kepada masyarakat Kalteng yang membutuhkan.
Kabut asap berdampak pada masyarakat khususnya pada saluran pernapasan, sehingga bisa berdampak infeksi saluran pernapasan dan sakit kepala karena kekurangan oksigen dan partikel-partikel debu akibat asap tersebut.
Salah satu upaya untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darah dan mengurangi masalah orang dengan gangguan pernapasan, solusinya dengan pemberian oksigen sehingga RSUD dr Doris Sylvanus melalui Rumah Oksigen di Instalasi Kesehatan Reproduksi, Gedung IKR baru Lantai 1, membuka Rumah Oksigen dengan 5 bed.
Direktur RSUD, drg Yayu Indriaty Sp. KGA menerangkan, pada Agustus jumlah kasus ISPA dan Asma dan gangguan pernafasan lainnya (PPOK, Bronkhitis, Pneumonia) sebanyak 229 orang.
"Untuk bulan September ini, terhitung sampai16 September 2019 pukul 14.30 WIB, jumlah kasus Ispa dan asma dan gangguan pernafasan lainnya sebanyak 210 orang, yang dilayani melalui IGD 124 orang dan dilayani di Rumah Oksigen sebanyak 100 orang dengan berbagai macam rentang usia," tutupnya.[kenedy/adv]
loading...
TAG