Minta Hujan, Pemprov Kalteng Gelar Salat Istisqa

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Dampak kemarau panjang sekarang ini membuat kebakaran hutan dan lahan (kathutla) dan kabut asap yang begitu pekat.
Prihatin dengan kondisi ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) pun menggelar salat Istisqa. Salat minta hujan ini digelar di halaman Kantor Gubernur setempat, Rabu (18/9/2019).
Salat ini diikuti Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, Wakil Gubernur Habib Ismail bin Yahya, Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, Kepala Kejaksaan Tinggi Kalteng Adi Sutanto serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemprov Kalteng, unsur Forkopimda, nnstansi vertikal dan masyarakat Kota Palangka Raya.
Selaku imam salat Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalteng, KH Anwar Isa, dan bertindak selaku khatib Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya Khairil Anwar.
Khairil mengajak jemaah untuk membalikan peci yang mulanya di depan ke belakang. Sorban yang di samping kiri menjadi ke kanan dan lainnya.
Hal itu, kata Khairil sebagai simbol upaya berpaling dari yang dulunya tidak baik bisa menjadi baik. Kemudian memohon agar dirubah, yang kondisi asap menjadi suasana sejuk dan nyaman.
Berikutnya dilanjutkan dengan doa meminta agar diturunkan hujan. "Ya Allah turunkan lah hujan Ya Allah. Turunkan hujan yang lebat, hujan yang menyejukkan. Hujan yang bermanfaat. Amin," ucap Khairil saat membacakan doa.[kenedy/adv]
loading...
TAG