Meski Cuaca Terik, Pelajar MAN Kapuas Tetap Khusyuk Ikuti Salat Istisqa 

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Sudah lama Kabupaten Kapuas mengalami dampak kemarau panjang. Untuk itu, keluarga besar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kuala Kapuas merasa perlu menggelar salat Istisqa atau salat minta agar diturunkan hujan oleh yang Maha Kuasa.
Salat Istisqa’ adalah salat yang dianjurkan ketika lama tidak turun hujan atau ketika sumber mata air sudah lama mengering. Salat Istisqa’ disunnahkan berdasarkan sebab dzahirnya, dan tidak dianjurkan lagi ketika sebab-sebabnya sudah tiada seperti mulai turun hujan atau mengalirnya mata air dari sumbernya.
Ratusan siswa bersama jajaran dewan guru dan pegawai pada MAN Kapuas nampak antusias mengikuti kegiatan bernuansa regili tersebut, di halaman MAN Kapuas meskipun di tengah cuaca yang terik, Rabu (11/9/2019).
"Kegiatan tersebut juga untuk  Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) peserta didik, dimana  kegiatan diisi dengan Sholat Istisqa," kata Sriyadi, Kepala MAN, Kapuas, Rabu (11/9/2019)
Selain untuk menanamkan pengamalan keagamaan bagi peserta didik, lanjut Sriyadi, ini juga untuk menyemarakkan 10 Muharram 1441 Hijriah, di samping siswa dianjurkan berpuasa Asyura juga bersama sama mambuat bubur Asyura.
"Istihosah ini untuk meminta dijauhkan segala bala bencana khususnya di Kabupaten Kapuas berupa bencana asap dan kebakaran hutan," terangnya.
Ini dengan niat dan harapan agar segerakan turun hujan yang berkah, segala bencana akibat kemarau bisa berlalu.[zulkifli]
loading...
TAG