Melalui Lomba FYRC, MAN Kapuas Kembangkan Penguatan Pendidikan Karakter

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Guna Menanamkan nilai-nilai pendidikan penguatan karakter, Madrasah Aliyah (MAN) Kapuas kembali menggelar kegiatan Lomba  Friendship Youth Red Cross (FYRC), 7 hingga 8 September 2019.
Lomba persahabatan Palang Merah Remaja (PMR) tersebut diikuti 20 kontingen terdiri 15 wira, dan 5 madya dari sekolah SMP dan SMA sederajat di Kuala Kapuas.
Kepala MAN Kapuas, Sriyadi mengatakan, FYRC di MAN Kapuas ini kali ketiga digelar di madrasah yang dipimpinnya.
"Kali ini kita membangun tema 'Meningkatkan Jiwa Relawan Muda Palang Merah yang Bersahabat dan Berkarakter Sehat," kata Sriyadi, Sabtu (7/9/2019).
Menurut Sriyadi, penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah dilakukan melalui kegiatan ekstra-kurikuler misalnya Palang Merah Remaja (PMR). Palang Merah Remaja merupakan wadah pembinaan peserta didik dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan, kesehatan dan kesiapsiagaan bencana.
Kasi Penmad Kemenag Kapuas, H Sajarwan mengatakan, dibutuhkan inovasi dan kreativitas dalam mengembangkan bentuk-bentuk kegiatan dalam upaya menumbuhkan karakter pada peserta didik.
"Tentunya sangat diperlukan dukungan pelibatan publik dan kerja sama antara sekolah, keluarga, serta masyarakat agar cita-cita mulia untuk menanamkan karakter luhur pada peserta didik dapat tercapai," imbuhnya.
Beragam kegiatan, lanjut dia, dapat dilakukan pada kegiatan Palang Merah Remaja dalam upaya menanamkan nilai-nilai karakter pada peserta didik, salah satunya adalah melalui lomba FYRC yang digelar di MAN Kapuas tersebut.[zulkifli]
loading...
TAG