Mantap, PAD 2019 Lebihi Target Capaian

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Kepala Bidang (Kabid) Pendapatan Daerah (Peda) Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Pulang Pisau, Kesuma mengatakan, untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pulang Pisau tahun 2019 ini yang ditarik melalui retribusi baik pajak hotel, penginapan, restoran, rumah makan, Pajak Bumi Bangunan (PBB), Sarang Burung Walet, BPHTB, Hiburan, dan retribusi jasa umum, serta retribusi jasa usaha dan perizinan tertentu melebihi target capaian.
"Untuk capaian PAD di tahun 2019 sudah melebihi dari target, dimana menurutnya target yang harus dicapai itu sebesar Rp 48, 9 miliar, dan secara global di bulan Agustus 2019 sudah mencapai Rp. 60, 3 miliar. Jadi, capaiannya 100 persen lebih," katanya.
Diterangkan Kesuma, realisasi capaian itu meningkat dari mulai tahun 2018 lalu, dan yang lebih mendongkrak PAD Pulpis di tahun 2019 ini menurutnya, didapat dari Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), dimana perolehan dari perusahaan- perusahaan besar yang telah membayar Hak Guna Usaha (HGU) yang berkewajiban untuk membayar kepada daerah.
"Intinya sampai 31 September 2019 ini, akan terus kita lakukan pungutan itu, dan tetap akan jemput bola ke lapangan termasuk pajak-pajak yang masih belum terbayarkan, seperti pajak Sarang Burung Walet," tuturnya.
Ia juga terus mengimbau kepada para wajib pajak, terutama bagi para pengusaha Sarang Burung Walet agar dapat berpartisipasi, apa lagi itu salah satu kewajiban, karena menurutnya dari pajak itu juga untuk pembangunan di daerah.
"Dari kewajiban membayar pajak itu lah untuk pembangunan kita, dan jika masyarakat taat bayar pajak, maka dana yang masuk itu menjadi PAD, dan selanjutnya pembangunan di daerah kita juga akan lebih meningkat lagi," tutupnya.[manan]
loading...
TAG