Legislator Ini Sebut Keberadaan Sumur Bor Bantu Langkah Pencegahan Karhutla

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Keberadaan sumur bor di kawasan gambut, khususnya di area rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), dipercaya sebagai langkah pencegahan dan penanggulangan Karhutla.
Sumur bor juga dinilai sebagai langkah yang cepat. Pasalnya bisa menjadi cara efisien untuk mendekatkan sumber air ke lokasi rawan kebakaran.
Hal ini diungkapkan Franco B Dehen, anggota DPRD Kabupaten Kapuas, Senin (16/9/2019).
"Warga juga membutuhkan fasilitas sarana air bersih dalam bentuk sumur bor," kata Fapo, sapaan familiar politisi PDI Perjuangan ini.

Sebelumnya, akses air yang jauh menjadi salah satu masalah dalam hal pemadaman. Akan tetapi dengan adanya sumur bor, tidak hanya membuat penanggulangan kebakaran lahan dapat dilakukan segera, tapi juga membawa manfaat lain, yakni pembasahan lahan  secara berkala dengan mudah, serta untuk pemenuhan kebutuhan air bersih bagi warga.
Daya jangkau sumur bor, lanjutnya, bergantung pada kekuatan pompa yang digunakan dan pada prinsipnya sumur bor menyedot air di bawah permukaan tanah.
"Ke depan keberadaan sumur bor ini tentu perlu jadi perhatian. Bisa memiliki fungsi ganda untuk antisipasi karhutla juga kebutuhan air bersih bagi warga," tukasnya.[zulkifli]
loading...
TAG