Legislator Ini Minta Pemkab Optimal Lakukan Pembinaan Ormas

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Organisasi kemasyarakatan atau Ormas dan LSM dapat mengambil peran untuk memperbaiki kondisi yang ada, dalam rangka menciptakan civil society yang kuat dan mandiri. Untuk itu diperlukan  peran-peran pembinaan yang optimal kepada Ormas dan LSM oleh Pemerintah Daerah setempat.
Anggota DPRD Kabupaten Kapuas, dr Rosihan Anwar menegaskan pemerintah daerah harus lebih lekat dalam pemilihan Ormas.
"Ini karena bahwa Ormas adalah aset. Pemerintah harus melihat sebagai aset, tentu pembinannya harus lebih melekat," kata Rosihan, saat menghadiri acara sosialisasi peningkatan kapasitas Ormas di Aula Bappeda, Jalan Tambun Bungai, Selasa (10/9/2019).
Pembinaan Ormas, lanjut wakil rakyat dari PKS ini, harus melihat spesifikasi visi misi dari sebuah organisasi tersebut.
"Jadi pembinaannya harus begitu juga, misalnya ada Ormas bergerak sektor kehutanan, lalu dikumpulkan dan dibina, siapa yang membina? Ya instansi terkait misalnya SOPD kehutanan," jelas Rosihan.
Artinya dalam hal ini, menurutnya pembinaan tidak hanya dari Kesbangpol saja.
"Karena terus terang saja jika Ormas tidak dibina bukan tidak mungkin berpotensi dapat memunculkan masalah. Tetapi kalau semuanya bersinergi bersama untuk membangun daerah ini saya fikir Ormas ini memang harus ada," imbuhnya.
Fungsi Ormas dan LSM, sambungnya, dapat menjadi kontrol kinerja pemerintah eksekutif yudikatif dan legislatif itu boleh, sepanjang sesuai mekanisme dan ketentuan yang ada.
"Kita berharap kedepan pembinaan kepada Ormas dari pemerintah  di daerah ini akan lebih baik dan optimal," pungkasnya.[zulkifli]
loading...
TAG