Karhutla Kembali Terjadi, 6,5 Hektare Lahan di Handil Usang Terbakar

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Sekitar kurang lebih 6,5 hektare lahan tidur di Handel Usang, Jalan Pemuda km 5, Kelurahan Selat Utara, Kabupaten Kapuas, hangus terbakar, Jumat (20/9/2019).
Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut. Dari pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan.
Mengatasi kebakaran, tim gabungan dari TNI, kepolisian, pihak dinas, relawan dan melakukan upaya pemadaman di kawasan lahan yang terbakar. Kondisi gambut kering yang terbakar membuat api cepat menjalar.
Pemadaman api dilakukan dengan menurunkan peralatan 3 unit tosa, 4 unit kendaraan roda 4,  lengkap dengan mesin portabel.
”Menerima informasi kejadian tim bergerak cepat ke lapangan untuk  memadamkan api. Penyebab kebakaran masih diselidiki. Jika tidak segera diatasi, kebakaran akan terus meluas," kata Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga, Minggu (22/9/2019).
Upaya pemadaman berlangsung 9 jam, kondisi api akhirnya dapat dipadamkan. 6,5 hektare lahan yang terbakar merupakan lahan tidur dengan vegetasi semak belukar, pakis dan pohon galam.
"Karena sulitnya sumber air, pemadaman dibantu dengan 3 unit truk tangki, PDAM, Pol PP Damkar, dan truk tangki PUPRPKP," terang Sinaga.
Kepala Pelaksana BPBD juga mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan.
Karena dampaknya sangat luas. Terlebih saat ini, cuaca panas. Jika terjadi kebakaran, api akan sangat cepat menjalar jika tidak dilakukan pemantauan.[zulkifli]
loading...
TAG