Kabut Pekat Masih Selimuti Kota, Fordayak Pulpis Bagikan Masker

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Kabut asap dampak dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang menyelimuti wilayah Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) kian hari bertambah pekat.
Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran banyak pihak. Terutama dampak negatif yang ditimbulkan bagi kesehatan masyarakat, terlebih bagi anak-anak.
Peduli dengan kondisi ini, Dewan Pengurus Daerah Forum Pemuda Dayak Kalimantan Tengah (DPD Fordayak KT) Pulpis menggelar aksi bagi-bagi masker kepada warga, terutama di kawasan Stadion HM Sanusi, Taman Laut (Sumbu Kurung) dan beberapa simpang jalan di wilayah Kecamatan Kahayan Hilir.
Kegiatan yang dilakukan Fordayak Pulpis ini  juga didukung penuh oleh Wakil Ketua II DPRD Pulpis yang turut hadir bersama Fordayak Pulpis membagikan masker, yakni Nova Selvia.
Ketua DPD Fordayak Pulpis Dirhayo melalui wakil Ketua I Trisanto Abel mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Pengurus Fordayak Pulpis terhadap kesehatan masyarakat atas kabut asap yang semakin pekat menyelimuti wilayah Pulpis.
"Semoga masker yang kita bagi-bagikan ini bermanfaat bagi masyarakat agar terhindar dari penyakit yang diakibatkan kabut asap," kata Tri, Sabtu (14/9/2019) saat membagi-bagikan masker.

Tri juga menyampaikan dari informasi yang didapat, Fordayak Pulpis menyatakan Ideks Standar Pencemaran Udara (ISPA) di Pulpis sudah masuk kategori berbahaya.
"Faktanya saat ini memang seperti itu. Udara sudah tidak sehat lagi untuk dihirup. Jarak pandang juga sudah terganggu. Ini yang menjadi kekhawatiran kita," ucapnya.
Untuk mengurangi kepekatan asap, Tri yang didamping Waket III Benny Diktus dan pengurus lainnya mengimbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas membakar.
Pihak juga berharap agar tidak ada lagi kegiatan membuka atau membersihkan lahan dengan cara dibakar.
Terakhir, Tri bersama rekan-rekan FKH berharap musibah kabut asap ini segera berakhir.
"Mudah-mudahan segera turun hujan agar kabut asap segera menghilang," ungkapnya.
Sementara itu Wakil Ketua II DPRD Pulpis Nova Selvia yang berkesempatan hadir dan bersama membagikan masker. Dirinya sangat mengapresiasi penuh dengan kegiatan dilakukan Fordayak Pulang Pisau.
Ia juga berharap agar kegiatan sosial yang dilakukan Fordayak Pulpis dapat dicontoh oleh beberapa pihak yang berada di wilayah Pulpis.
"Kami tentunya mendukung apapun bentuk kegiatan sosial yang dilakukan, baik Ormas, Forum dan lainnya. Dan Saya pribadi berdoa agar bencana asap yang menyelimuti kota Pulpis cepat berakhir," tutupnya.[manan]
loading...
TAG