Kabut Asap Mulai Selimuti Kota Pulpis, Dinkes Imbau Warga Gunakan Masker

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Kabut asap dalam beberapa hari terkahir ini mulai menyelimuti wajah Kota Pulang Pisau. Meski tidak terlalu pekat, namun kondisi cuaca mulai tidak sehat.
Kabut yang disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang juga terjadi dalam beberapa terkahir ini di wilayah kecamatan Kahayan Hilir ini tentunya menjadi fokus bersama seluruh pihak dalam penanganannya.
Menyikapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo menyampaikan imbauan kepada  warga yang ingin beraktifitas di luar ruangan agar menggunakan masker.
"Ini untuk antisipasi gangguan kesehatan akibat kabut asap yang mulai menyelimuti kota Pulpis dan sekitarnya," ujar dr Mul begitu sapaan akrabnya kepada wartawan media ini, Kamis (5/9/2019).
Menurut dr Mul, secara kesehatan asap yang ada memang bisa menimbulkan infeksi saluran pernafasan, maka dari itu masyarakat diarahkan agar menghindari beraktifitas terlalu lama di luar ruangan.
"Lalu bisa jangan terlalu banyak beraktivitas di luar ruangan, karena kabut asap dari karhutla sudah membuat kota Pulpis kabut. Jadi, baiknya usai beraktivitas cukup di rumah saja. Apalagi yang memiliki bayi disarankan tidak membawa anak keluar rumah," pesannya.
Meski begitu, lanjutnya, bagi masyarakat yang ingin beraktivitas di luar ruangan bisa menggunakan masker yang telah pihaknya disediakan dan bisa diminta di Puskesmas-Puskesmas terdekat.
"Saya juga sarankan perbanyak minum air putih, dan buah-buahan sepanjang musim kemarau ini. Itu agar tetap menjaga kondisi tubuh tetap sehat," tutupnya.[manan]
loading...
TAG