Kabut Asap Karhutla, Wakil Rakyat Berprofesi Dokter Ini Imbau Waspadai ISPA

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Anggota DPRD Kabupaten Kapuas, dr Rosihan Anwar meminta masyarakat Kapuas yang terkontaminasi kabut asap untuk mewaspadai penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).
"Melihat kondisi udara saat ini, kita meminta masyarakat mulai mewaspadai ISPA," kata Rosihan, Rabu (18/9/2019).
Dia mengatakan, di tengah kondisi udara yang terkontaminasi kabut asap ini, masyarakat juga diharapkan dapat mengurangi aktivitas di luar ruangan.
Wakil rakyat yang berprofesi sebagai dokter ini meminta pihak terkait yang menanganani Karhutla serta dampak kabut asap ini memperhatikan kondisi yang ada saat ini, serta melakukan upaya-upaya.
"Seperti halnya pada sekolah-sekolah sesuai petunjuk gubernur dalam suasana asap ini kalau rasanya memang rawan dan membahayakan anak-anak kita, terutama yang SD itu ya bisa diliburkan, selain itu gunakan masker kalau beraktivitas di luar ruangan, karena kondisi udara kurang sehat," imbuhnya.
Guna mencegah anak-anak terpapar asap, politisi PKS ini mengharapkan agar kiranya di sekolah-sekolah dapat dibagikan masker.
“Karena ini preventif ya, untuk mencegah inspeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Mudah-mudahan sedikit banyak dengan pembagian masker bisa membantu," tandasnya.
Jika terdapat tanda-tanda menurunnya kesehatan dan sesak nafas, kata Rosihan segera periksa ke puskesmas atau rumah sakit terdekat.[zulkifli]
loading...
TAG