Jimmy Carter: Gunung Purei Calon Penyangga Ibu Kota Negara

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) telah dipilih Presiden Joko Widodo sebgai Ibu Kota Negara (IKN) beberapa waktu lalu.
Tentu Kabupaten Barito Utara (Barut) yang berdekatan dan berbatasan langsung dengan provinsi yang ke depan menjadi pusat pemerintahan Republik Indonesia itu akan menjadi penyangga ibu kota.
H Jimmy Carter, wakil rakyat Kalteng dari Dapil IV yang meliputi Barsel, Barut, Bartim dan Murung mengungkapkan, infrastruktur darat menuju ibu kota negara di Kaltim harus mendapat prioritas.
"Kita bisa lihat soal infrastruktur di DAS Barito masih kurang dibandingkan daerah lainnya. Maka untuk itu, kita utamakan di bidang tersebut. Fokus itu sendiri lebih dititikberatkan pada jalan dan jembatan sebagai penunjang pembangunan," ucapnya kepada awak media belum lama ini.
Legislator muda dari Partai Demokrat dan juga Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Barut ini menegaskan perlunya optimalisasi infrastruktur jalan. Pasalnya, bisa dikatakan Kalteng khususnya daerah yang berbatasan seperti Kecamatan Gunung Purei, Barut sebagai daerah penyangga ibu kota.
Apalagi, lanjutnya, jarak antara kecamatan tersebut dan Kaltim sangat dekat, sehingga wajar apabila diperlukan tindaklanjut yang baik.
Terkait itu, Ia sepakat apabila jalan yang mengarah langsung pada IKN, bisa dibuat jalur khusus yang maksimal demi kelancaran transportasi.
"Kalau lapangan kerja atau mata pencaharian masyarakat di Gunung Purei sendiri banyak yang bertani. Namun dari keluhan warga setempat terkendala soal infrastruktur jalan untuk mengangkut hasil pertanian dan memasarkannya ke luar," bebernya.

"Maka tidak salah kalau saya kembali mengingatkan, bahwa fokus utama yang mesti digenjot adalah jalan dan jembatan," imbuhnya.
Lebih lanjut, menyangkut lini lainnya seperti air bersih, Ia menyebut seperti di Kota Muara Teweh tidak mengalami permasalahan apapun. Namun, untuk daerah Murung Raya ketika musim kemarau potensi untuk persoalan tersebut memang masih ditemui.
"Ke depan saya sebagai abdi masyarakat tentu siap menjalankan tugas sesuai tupoksi yang ada. Memperjuangkan aspirasi bahkan melaksanakan pengawasan juga menjadi salah satu tugas kedepan sebagai wakil rakyat," tutupnya.[kenedy]
loading...
TAG