Indeks Kerukunan Umat Beragama di Kapuas Meningkat

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Pembinaan Kerukunan umat beragama di Kabupaten Kapuas terus  dilakukan. Hal ini diharapkan menciptakan iklim yang mendukung program pembangunan di wilayah setempat. Ini tak lepas dari pembinaan yang terus dilakukan.
"Kemenag Kapuas telah menggelar kegiatan Kerukunan Umat Beragama (KUB) dengan menghadirkan peserta dari berbagai kalangan profesi dan agama, pada Sabtu, (21/9/2019), dan ini adalah agenda setiap tahunnya," kata H Hamidhan, Penanggung Jawab Panitia Pelaksana kegiatan tersebut, Rabu (25/9/2019).
Pembinaan tersebut, sambungnya , menghadirkan beberapa narasumber yaitu Kepala Kantor Kemenag Kapuas H Ahmad Bahruni, Ketua FKUB H Masyumi Rivai, Kabag Hukum Kanwil Kemenag Provunsi Kalteng H Sujono dan Bidang Sosial dan Ormas Dinas Kesbangpol Kabupaten Kapuas Syahlan.
“Sebanyak 50 peserta dari kalangan profesi dan agama kita undang, dan satu yang menarik ada perwakilan dari Buddhayana Indonesia yang menjadi topik perkembangan agama Budha di Kabupaten Kapuas,” kata Hamidhan.
Sebelumnya, H Ahmad Bahruni mengatakan, tanggung jawab dalam pembinaan kehidupan beragama tidak dapat semata-mata dipikulkan kepada pemerintah, melainkan umat beragama itu sendiri yang pertama-tama dan terutama harus memikul tanggungjawab bersama-sama.
"Pemerintah lebih banyak berperan sebagai kekuatan penunjang sedangkan lembaga dan masyarakat menjadi pondasi utama dalam menjaga kerukunan umat beragama terutama di Kapuas," ucap Bahruni.
Kementerian Agama bersama Lembaga Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) terus berkoordinasi bersama dalam menjaga kerukunan umat beragama di Kapuas dan menciptakan suasana yang damai, toleransi atar umat beragama meningkat, rasa aman bagi agama lain terjaga serta meminimalisir konflik yang mengatasnamakan agama.
"Beberapa tahun terakhir kerukunan umat beragama di Kapuas tergolong tinggi, hal ini nampak pada persentase toleransi pada acara hari-hari besar keagamaan saling menghargai dan menghormati,” tutup Bahruni.[zulkifli]
loading...
TAG