Hingga Dini Hari, Satgas Karhutla Padamkan Kebakaran Lahan di Saka Binjai

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Hingga dinihari tim Satgas Karhutla dan relawan berjibaku memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Desa Saka Binjai, Kecamatan Kapuas Murung Kabupaten Kapuas, Kalteng.
Laporan diterima Posko Satgas siaga Karhutla Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Selasa (24/9/2019).
"Satgas Darat Karhutla terdiri dari personil BPBD 9 orang, Manggala Agni 6 orang dan 1 relawan segera diterjunkan untuk menangani kebakaran," kata Panahatan Sinaga, Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Kamis (26/9/2019).
Pemadaman dilakukan dengan menggunakan peralatan mekanis, satu unit roda empat lengkap dengan mesin portabel dan dua buah kendaraan roda dua.
"Areal terbakar merupakan lahan tidur dengan vagetasi belukar dan tanaman akasia. Luas areal terbakar diperkirakan mencapai 12 hektare," terang Sinaga.
Kondisi lahan kering menyebabkan kobaran api sulit untuk ditaklukkan. Besarnya kobaran api dan luasnya lahan terbakar tak membuat surut personel untuk memadamkan si jago merah.
Pemadaman berlangsung selama 9 jam lebih dan berakhir pada Rabu dinihari pukul 01.45 WIB.
Satgas juga memadamkan Karhutla di Desa Talikung Punai, Kecamatan Kapuas Murung pada Rabu (25/9/2019), seluas 8 hektare lahan terbakar di wilayah itu.[zulkifli]
loading...
TAG